nusabali

Demokrat Targetkan 15 Persen Kursi DPR RI

  • www.nusabali.com-demokrat-targetkan-15-persen-kursi-dpr-ri

Partai Demokrat telah menyiapkan banyak strategi untuk bisa menghantarkan kadernya duduk di Senayan Jakarta.

SBY Larang Caleg Demokrat Umbar Janji saat Kampanye

CIREBON, NusaBali
Partai Demokrat gencar mengampanyekan anggotanya yang maju sebagai calon legislatif (caleg). Demokrat menargetkan kadernya bisa meraih kursi DPR RI hingga 15 persen pada Pileg 2019 nanti.

Ketua Komando Tugas Bersama (Kosgama) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, Demokrat sempat menguasai kursi parlemen hingga 20 persen. Kejayaan Partai Demokrat, sambungnya, harus bisa dikembalikan. "Dari 20 persen menurun hingga 10 persen. Pileg nanti, kita menargetkan 15 persen kader Demokrat bisa duduk sebagai wakil rakyat," kata AHY kepada awak media di Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (1/11).

AHY mengatakan Partai Demokrat telah menyiapkan banyak strategi untuk bisa menghantarkan kadernya duduk di Senayan Jakarta. Namun, AHY enggan menjelaskan secara rinci strategi yang dilakukan internal guna mendongkrak suara partai. "Strategi banyak. Tidak mungkin saya bongkar semua. Ada strategi umum dan khusus. Kalau umum tentunya semua tahu, ada serangan darat, udara, dan lainnya. Semua partai pasti memahaminya," tutur AHY, dilansir detikcom.

Dia optimistis Demokrat dapat meraih target. Terlebih lagi, sambung AHY, masih banyak daerah yang menjadi basis Demokrat. "Ada beberapa daerah yang masih cinta Demokrat. Rahasia, saya tidak bisa sebutkan. Pokoknya ada. Memang daerah itu sejak dulu suka dengan SBY dan Demokrat," ucap AHY.

Dia menuturkan Demokrat akan terus menggelar tur guna mendongkrak suara partai. Selain menawarkan capaian masa kepemimpinan SBY, menurut AHY, Demokrat juga menawarkan masa depan. "Keberhasilan masa lalu harus menjadi modal kami. (Kader) harus menyampaikan secara kualitatif dan kuantitatif, ini bukti bukan janji. Demokrat tentunya menawarkan masa depan yang lebih baik," ujar AHY.

Sementara itu, sebelumnya, SBY meminta calon legislatif (caleg) dari Partai Demokrat tak mengumbar janji saat kampanye. "Saya larang caleg (Demokrat) untuk berjanji yang muluk-muluk. Saya larang (caleg) untuk terlalu banyak janji. Kalau banyak janji biasanya tidak dilaksanakan," kata presiden ke-6 itu saat memberikan arahan kepada para caleg di rumah aspirasi rakyat Herman Khaeron, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (31/10).

SBY menginstruksikan caleg Demokrat untuk gencar berkampanye langsung berjumpa masyarakat. Ia menginginkan partainya dapat merebut hati masyarakat agar menang di Pileg 2019 nanti. "Bulan ini, bulan depan, dan seterusnya caleg harus datangi masyarakat. Cari tahu kesulitan yang mereka alami. Apa yang diinginkan rakyat terhadap pemerintah sekarang dan periode nanti. Dengarkan harapan mereka," kata SBY.

Dia berharap Demokrat kembali berjaya sebagaimana 10 tahun silam. Salah satu kunci mengembalikan kejayaan itu, SBY menegaskan, dengan menjalankan keinginan masyarakat. "Kalau baik katakan baik, kalau belum baik katakan belum baik. Yang baik dilanjutkan. Kami tidak ingin menjadi agitator, jadi provokator. Kami justru ingin mendengar keinginan rakyat," ucap SBY. *

Komentar