nusabali

Puskesmas Abiansemal I akan Jadi Rumah Sakit Tipe C

  • www.nusabali.com-puskesmas-abiansemal-i-akan-jadi-rumah-sakit-tipe-c

Status Puskesmas Abiansemal I yang berlokasi Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal akan ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe C.

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kesehatan (Diskes) menargetkan peningkatan status ini rampung tahun 2019 mendatang. Kepala Diskes Kabupaten Badung, dr Gede Putra Suteja, menjelaskan peningkatan status Puskesmas Abiansemal I menjadi rumah sakit tipe C ini sudah berproses sejak tahun 2017. Dimulai dengan penyusunan Detail Engineering Design (DED) untuk penambahan sejumlah gedung baru. Pembangunan fisiknya ada di bawah penanganan Dinas PUPR.

“Rencana fisiknya ada di PUPR, kami hanya menyiapkan tenaga dan alat,” kata dr Suteja, Jumat (2/11) kemarin. Nah, dengan peningkatan status Puskesmas Abiansemal I menjadi rumah sakit tipe C, diharapkan pelayanan kesehatan masyarakat lebih maksimal. “Pembangunan kesehatan ada dua dasarnya, yakni akses dan mutu. Akses, dengan adanya rumah sakit kelas C tersebut nantinya, maka aksesnya lebih mudah dan cepat. Tidak jauh, misalnya pasien dari Pelaga ke rumah sakit, tidak jauh yang dari Abiansemal ke rumah sakit,” papar dr Suteja.

“Untuk mutu juga otomatis meningkat, karena dengan berubah statusnya menjadi rumah sakit, maka akan ada dokter spesialis di sana. Utamanya ada empat spesialis, yakni spesialis bedah, penyakit dalam, anak, dan kandungan. Terdapat pula tiga spesialis tambahan, yakni radiologi, laboratorium, dan anastesi,” imbuh dr Suteja. Dengan demikian, pasien yang memerlukan sejumlah pelayanan tersebut bisa segera ditangani.

Disinggung mengenai anggaran yang disiapkan pemerintah untuk mengubah status Puskesmas Abiansemal I menjadi rumah sakit tipe C, dr Suteja mengaku masih menghitung. Yang jelas, sesuai perintah Bupati Badung, rumah sakit tersebut agar segera diwujudkan.

Untuk diketahui, saat ini Pemkab Badung memiliki sebanyak 13 puskesmas yang tersebar di enam kecamatan. Di Kecamatan Petang ada dua puskesmas, Kecamatan Abiansemal ada empat puskesmas, Kecamatan Mengwi ada 3 puskesmas, Kecamatan Kuta Utara ada satu puskesmas, Kecamatan Kuta ada 2 puskesmas, dan Kecamatan Kuta Selatan ada satu puskesmas.

Diskes sendiri berencana menambah lagi sejumlah puskesmas di beberapa kecamatan yang dinilai masih kurang, seperti di Kecamatan Kuta Selatan dan Kuta Utara. Sayangnya, rencana ini masih terganjal masalah lahan. “Kami terus berupaya untuk mewujudkan RPJMD khususnya di bidang kesehatan. Saat ini kami masih terkendala lahan untuk pembangunan,” tegas dr Suteja. *asa

Komentar