nusabali

FTK Ganesha Gelar Seminar Internasional

  • www.nusabali.com-ftk-ganesha-gelar-seminar-internasional

Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK) Universitas Ganesha

MANGUPURA, NusaBali
menyelenggarakan seminar internasional di Hotel Grand Inna Kuta, Badung, Sabtu (3/11). Seminar yang menghadirkan tiga pembicara ini mengangkat tema ‘Establishing Entrepreneurial Skills in Vocational Education and Technology (VET)’.  Dekan Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK) Undiksha, Dr I Gede Sudirtha MPd mengatakan seminar ini diselenggarakan untuk mewadahi bertemunya stakeholder untuk berdiskusi dan mensosialisasikan hasil studi, penelitian, pengembangan, pemikiran, penelaahan ataupun evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan khususnya di bidang teknologi dan vokasi dengan keterampilan berwirausaha untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

"Beberapa hal didapatkan dalam seminar akan dijadikan sebagai rekomendasi dalam pembelajaran. Terutama bagaimana mempersiapkan mahasiswa. Tak hanya skill, tetapi juga mempersiapkan beberapa nilai yang perlu diajarkan terutama terkait dengan karakter," tutur Sudirtha.

Di katakan pada era industri 4.0 ada beberapa literasi baru yang harus dipelajari dan tekankan untuk dimiliki para mahasiswa. Pertama adalah literasi tentang data, literasi teknologi, dan literasi humanitis. Selain itu bagaimana membahas pembelajaran yang tentunya sangat beda dengan paradigma yang terdahulu.

"Kemudian bagaimana mempersiapkan assessment mahasiswa dengan baik dengan berbagai cara untuk bisa mengakses kemampuan mereka. Juga bagaimana menindaklanjuti hasil assessment untuk peningkatan skill mahasiswa untuk bisa bersaing di dunia kerja," lanjutnya.

Dikatakan Undiksha memandang perlu dilakukannya diskusi untuk mendapat masukan terkait inovasi SDM dalam bidang vokasional dan teknologi.

Hasilnya diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan pendidikan vokasional yang lebih baik. Sehingga diharapkan dapat membangun SDM yang kompeten dan kompetitif. "Digitalisasi sangat penting sekali. Digitalisasi juga perlu pendidikan. Terutama pendidikan nilai, moral, dan sebagainya. Ini penting untuk mempercepat laju artivisial intelijen," pungkasnya. *po

loading...

Komentar