nusabali

Dahan Beringin di Pura Bukit Buluh Tumbang

  • www.nusabali.com-dahan-beringin-di-pura-bukit-buluh-tumbang

Sebuah dahan beringin tua di areal Jaba Pura Bukit Buluh, Banjar Glagah, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, tumbang, Sabtu (4/11).

SEMARAPURA, NusaBali
Dahan ini menimpa rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam musibah. Namun plafon rumah warga rusak akibat tertimpa dahan. Informasi yang dihimpun, dahan beringin tua tersebut tumbang akibat diguyur hujan deras disertai angin kencang, Sabtu malam sekitar pukul 24.00 Wita. Namun dalam musibah ini dahan pohon beringin yang tumbang menimpa rumah seorang warga I Wayan Wastra, di sebelah timur pura.

Saat kejadian, Wastra tengah tidur di kamarnya bersama anak I Komang Widiana yang masih SD. Saat dahan pohon itu tumbang,Wastra pun kaget dan langsung menyelamatkan anak dan keluarganya. Saat dicek lagi, ternyata plafon kamarnya sudah hancur akibat ditimpa pohon. Sementara sang istri tidak ada di rumah karena bekerja di Denpasar.

Selain menimpa rumah pohon juga mengakibatkan panyengker pura rusak. Pihak pangempon masih berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klungkung, petugas akan segera melakukan evakuasi. Menurut Kelihan Pura I Nengah Darmawan, usia beringin itu sudah tua bahkan ratusan tahun. Setelah diguyur hujan lebat beberapa jam disertai angin kencang, dan petir, dahan pohon itu langsung tumbang dan menimpa rumah warga. “Pohonnya bercabang 2 yang satu sudah patah, sekarang tinggal yang satunya lagi,” ujarnya, Minggu (4/11).

Ia membenarkan, sebuah rumah milik warga, Wayan Wastra, di sebelah timur pura ditimpa dahan pohon ini “Saat kejadian berlangsung Pak Wastra sedang tidur di dalam kamar. Karena rumahnya pakai plafon, maka plafonnya kena lebih dulu baru jatuh ke bawah. Keluarga Pak Wastra, tidak apa-apa,” katanya. Kerugian akibat bencana ini belum dihitung. *wan

loading...

Komentar