nusabali

Atasi Rayo, Barca ke Puncak

  • www.nusabali.com-atasi-rayo-barca-ke-puncak

Barcelona mesti habis-habisan meraih kemenangan di markas Rayo Vallecano, di Estadio del Rayo Vallecano, Minggu (4/11) dinihari WITA.

BARCELONA, NusaBali
Sempat tertinggal, Barca menang 3-2 dengan dua gol di tiga menit akhir pertandingan. Meski jadi tim tamu, Barca mengawali laga dengan baik saat sudah unggul di menit ke-11 lewat Luis Suarez. Namun tuan rumah tampil ngotot dan berbalik unggul 2-1 melalui Jose Angel Pozo di menit ke-35dan Alvaro Garcia di menit ke-57.

Selepas unggul Rayo tampil disiplin menjaga pertahanan, membuat Barca kesulitan mendapatkan celah. Ernesto Valverde pun melakukan sejumlah pergantian, memasukkan Ousmane Dembele, Munir El Haddadi, dan Arturo Vidal.

Setelah mengepung Rayo, Barca mendapatkan gol penyama melalui kaki Dembele di menit ke-87. Tiga menit berselang, Suarez mencetak gol keduanya sekaligus memastikan Barcelona pulang dengan tiga poin.

Dengan kemenangan itu, Barcelona menjaga posisi di puncak klasemen dengan 24 poin dari 11 laga. Suarez dkk. unggul empat poin dari Atletico Madrid dan Alaves. Sedangkan Rayo tertahan di urutan 19 dengan enam poin.

Mengomentari Barca kesulitan menyegel kemenangan dengan cepat, Luis Suarez mengaku timnya terlalu percaya diri. Suarez menilai, ada rasa percaya diri yang berlebihan. Namun ia memberi kredit bagi lawan, yang memang butuh angka penuh.

"Tapi yang paling penting adalah kami mampu membalikkan keadaan dan memperoleh tiga angka. Sekarang kami harus mengevaluasi diri sendiri," ungkap Suarez, dilansir Marca

Kemenangan Barca atas Rayo dengan gap paling kecil. Barca juga sukses memenangi 11 pertemuan mereka berturut-turut, dan mencetak 24 gol dan hanya kemasukan empat gol saja dalam lima laga terakhir.

Selain itu, Rayo pun sedang terpuruk karena menghuni zona degradasi di peringkat 19 klasemen. Serangkaian faktor yang membuat Barca terlalu percaya diri untuk berpikir bisa menang mudah.

Sementara rival Barca di La Liga, Real Madrid memetik kemenangan pertama di La Liga, setelah masa suram di lima laga. Madrid menang 2-0 atas Real Valladolid, di Santiago Bernabeu, Sabtu malam. Dual gol Madrid dicetak bunuh diri Kiko Olivas  (83) dan tendangan penalti Sergio Ramos (88).

Pelatin interim Santiago Solari pun mengungkapkan rasa syukurnya. Menurutnya, skuat Madrid membuktikan kemampuan yang mereka miliki.  Madrid membutuhkan kemenangan dan harus bekerja keras lagi, terutama menghadapi lawan yang sulit. *

Komentar