nusabali

Lolos Passing Grade, Dialihkan Formasi Lain

  • www.nusabali.com-lolos-passing-grade-dialihkan-formasi-lain

Walaupun kalah bersaing dalam pengisian formasi CPNS, namun jika peserta memenuhi passing grade, maka akan dialihkan ke formasi lainnya.

Muncul Solusi Pengisian Formasi CPNS

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng masih menunggu arahan lebih lanjut dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), terkait hasil ‘buruk’ dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) peserta CPNS. Harapannya, Kemenpan RB dapat memberikan solusi terbaik agar seluruh 332 formasi dapat terisi. Ada kemungkinan, peserta yang lolos passing grade, tetapi kalah saat perangkingan, dialihkan ke formasi lainnya yang sejenis.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Dewa Ketut Puspaka saat dikonfirmasi mengenai hasil tes CPNS tahap pertama, Senin (5/11) di ruang kerjanya. Dikatakan, sejauh ini sudah ada surat dari Kemenpan RB menyangkut kemungkinan pengisian formasi dari peserta formasi sejenis. Hanya saja pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari Kemenpan RB, terkait pola pengisian formasi tersebut.

“Ada pola pengisian yang sudah disampaikan oleh Kemenpan RB. Tetapi kami menunggu perkembangannya. Kemungkinan peserta yang kalah dalam perangkingan itu dialihkan ke formasi lain yang sejenis. Tentu nanti akan melewati tes lagi,” terangnya.

Sekda Puspaka, mencontohkan kemungkinan pengisian dari peserta formasi sejenis. Disebutkan, formasi membutuhkan dua orang, ternyata yang lulus adalah enam orang. Maka nilai keenam peserta tersebut dirangking untuk diluluskan dua orang sesuai dengan kebutuhan formasi tersebut. Praktis dari enam tersebut, akan ada empat peserta yang dinyatakan gugur. Maka keempat orang inilah yang kemungkinan dialihkan ke formasi sejenih, dengan melewati tes lagi. “Kemungkinan akan dites lagi, sehingga semuanya transparan. Tetapi kepastiannya masih menunggu perkembangan lebih lanjut dari Kemenpan RB,” jelasnya.

Menurut Puspaka, pihaknya saat ini masih menunggu hasil formal dari Kemenpan RB, terkait hasil akhir dari tes CPNS. Karena setelah tes SKD, akan ada lagi tes seleksi kemampuan bidang (SKB), terhadap peserta yang memenuhi passing grade pada tes SKD. “Memang untuk sementara tes SKD itu sudah ada hasilnya, tetapi kami akan menunggu hasil formalnya dari Kemenpan RB. Termasuk juga arahan dari Kemenpan RB seperti ada, setelah itu baru kami mengambil langkah selanjutnya,” kata Birokrat asal Desa Rangdu, Kecamatan Seririt ini.

Hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) melalui sistem Computer Assisted Test (CAT), banyak peserta yang tidak lulus karena nilainya di bawah passing grade atau nilai ambang batas. Jatah fomasinya pun sebanyak 332, bakal sulit terpenuhi.

Jumlah formasi  sebanyak 332  terdiri dari formasi tenaga guru sebanyak 158 orang, tenaga kesehatan sebanyak 126 orang, tenaga teknis sebanyak 37 orang, serta tenaga honorer eks K2 sebanyak 11 orang. Jumlah pelamar yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 4.417 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 132 orang sudah dinyatakan gugur karena tidak hadir saat tes SKD, yang berlangsung sejak Rabu (31/10) sampai Jumat (2/11) di Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana Denpasar. Dari hasil tes SKD yang berlangsung selama tiga hari tersebut, kabarnya banyak peserta yang dinyatakan gugur, karena nilainya di bawah passing grade.

Kepala BKPSDM Buleleng, Gede Wisnawa yang dikonfirmasi Minggu (4/11) tidak menampik hasil tes SKD dengan sistem CAT banyak peserta nilainya tidak memenuhi passing grade. Hanya saja, Wisnawa mengaku belum merekap jumlah peserta yang gugur maupun yang lolos. “Memang banyak tidak memenuhi passing grade, tapi jumlahnya berapa kami belum tahu, karena nnati akan diumumkan oleh BKN (Badan Kepegawaian Nasional),” ujarnya. *k19

loading...

Komentar