nusabali

Lagu Lingsir Wengi ternyata Bukan Lagu Pemanggilan Setan, Begini Kata Soimah

  • www.nusabali.com-lagu-lingsir-wengi-ternyata-bukan-lagu-pemanggilan-setan-begini-kata-soimah

Sebagai pesinden, Soimah tahu betul tentang lagu Lingsir Wengi.

JAKARTA, NusaBali
Pesinden kondang, Soimah, menyangkal perihal lagu Lingsir Wengi yang sering dikaitkan dengan film horror dan lagu pemanggilan setan. Hal itu pun diungkapkannya di channel YouTube Raditya Dika saat dirinya disambangi di kediamannya oleh YouTuber terkenal tersebut.

Awalnya Soimah membagikan pengalaman mistisnya pada Raditya Dika, namun di tengah percakapan, topik tiba-tiba berubah dan menyoroti lagu Lingsir Wengi.


“Ngomongin soal pesinden, katanya pesinden itu sering identik dengan lagu-lagu Jawa, manggil-manggil setan gitu, emang bener?” Tanya Raditya Dika pada Soimah.

Soimah pun menanggapi, bahwa memang benar image pesinden itu agak buruk, namun kini sudah mulai membaik.

“Memang benar, dulu itu pesinden identik dengan hal-hal buruk, makai susuk, segala macem, makanya anak-anak muda enggan menggelutinya. Tapi, alhamdullilah sekarang sudah mulai terbuka karena gak semua seperti itu,” jawab Soimah.

“Nah, kalau lagu Lingsir Wengi itu, bener gak untuk memanggil setan?” Tanya Raditya Dika lagi yang langsung ditanggapi oleh Soimah.


“Begini, sebenarnya aku agak risi ya dengan nyanyi lagu Lingsir Wengi itu dikait-kaitkan dengan memanggil setan. Sebenernya, lagu Lingsir Wengi itu adalah lagu cinta, lagu kasmaran,” papar Soimah sambil lalu menyanyikan lagu tersebut dengan penuh penghayatan.

“Jadi tengah malam, lagi kangen sama pacar, segala macem. Lingsir Wengi itu artinya Tengah Malam atau Menjelang Malam, jadi mungkin pernah di salah satu film ada cerita memanggil kuntilanak, ada di situ tembang dan ada kata-kata Lingsir Wengi. Mungkin, dikait-kaitkan dengan lagu Lingsir Wengi, padahal di film itu bukan lagu Lingsir Wengi, liriknya juga berbeda,” pungkas Soimah meyakinkan Raditya Dika. *ph

Komentar