nusabali

Anggota Kodim 1609/Buleleng Dites Urine

  • www.nusabali.com-anggota-kodim-1609buleleng-dites-urine

Puluhan anggota Kodim 1609/Buleleng, Senin (5/11) menjalani tes urine dadakan dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Buleleng (BNNK).

SINGARAJA, NusaBali
Tim BNNK pun langsung mengambil sampel urine dari seluruh anggota untuk diuji. Hasilnya, sampel urine yang dites dinyatakan negatif narkoba. Kepala BNNK Buleleng, AKBP Gede Astawa menjelaskan sidak tes urine yang lakukan kepada anggota TNI itu merupakan tugas utama dalam upaya pencegahan penyalahgunan narkoba. Bahkan sebelum menyasar Kodim, timnya sudah melakukan giat yang sama di sejumlah instansi pemerintahan dan masyarakat umum.

“Kami dari BNNK menganggap bahwa pemakai narkoba adalah korban sehingga perlu direhab. Saya berterimakasih kepada Bapak Dandim dan Babinsa karena sudah ikut melaksanakan kegiatan sosialisasi masalah narkoba,” ujarnya. Dalam kesempatan itu pihak BNNK juga melakukan sosialisasi terkait tentang narkoba.

Menurutnya seorang pemakai narkoba yang sudah kecanduan akan sangat tergantung dengan barang terlarang itu. Sekali tak memakainya dapat menyebabkan kesakitan dan memerlukan pemulihan dengan waktu yang cukup panjang. Kecanduan narkoba pun disebut berbeda dengan orang yang kecanduan alcohol, yang hanya merasa kurang fit jika tak dapat minum alkohol.

Selain itu AKBP Astawa juga menjelaskan jika pengedar memang serigkali menggunakan trik-trik tertentu untuk menjerat mangsanya, misalnya dengan memberikan barang gratis di awal. Pihaknya pun berharap, ancaman bahaya narkoba ini dapat ditanggulangi bersama tak hanya oleh kepolisian tetapi juga oleh TNI.

Sementara itu Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Verdy De Irawan, menegaskan kepada seluruh perwiranya wajib melakukan tes urine. “Anggota kalau bisa jangan terlibat pelanggaran berat apalagi pelanggaran masalah narkoba. Saya sudah bekerjasama dengan BNNK agar bisa datang untuk mengecek anggota,” katanya.

Sebagai abdi bangsa Letkol Inf Verdy juga mengatakan TNI harus memberikan contoh utama dalam memerangi narkoba. Yakni menunjukkan diri bebas dari narkoba. Pihaknya pun tak segan segera akan mengambil tindakan tegas jika ada anggotanya yang terbukti positif narkoba.*k23

loading...

Komentar