nusabali

Tabanan Gelar Magang Teknis dan Uji Kompetensi Aparatur Perikanan

  • www.nusabali.com-tabanan-gelar-magang-teknis-dan-uji-kompetensi-aparatur-perikanan

Antisipasi Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN 

TABANAN, NusaBali
Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan dan  Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan ( P2MKP) Karya Lestari Tabanan menggelar kegiatan Magang Teknis dan Uji Kompetensi Aparatur  Perikanan, di kantor Dewan Koperasi Indonesia Tabanan, Senin (5/11). Uji kompotensi dimaksudkan untuk mengantisipasi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Hadir di acara tersebut Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Ketua P2MKP Karya Lestari Tabanan Ni Made Putriningsih Wirna, dan Kepala Dinas Perikanan I Made Subagia.

Ni Made Putriningsih Wirna menyatakan tujuan Magang Teknis dan Uji Kompetensi ini adalah mengantisipasi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Sehingga diperlukan upaya untuk memperkuat daya saing tenaga kerja di Indonesia di pasar global dengan menempatkan penguasaan kompetensi sebagai fokus pengembangan SDM kelautan dan perikanan.

“Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Perikanan dan P2MKP Karya Lestari Tabanan siap mendukung pelaksanaan sistem sertifikasi di bidang kelautan dan perikanan. Kegiatan ini dimulai hari ini (kemarin) hingga 10 November nanti,” ucapnya.

Bupati Eka mengapresiasi kegiatan tersebut. Dikatakannya, Tabanan membutuhkan SDM yang layak untuk diperjuangkan dan dipertanggungjawabkan dan siap bersaing.

“Sekarang sudah bukan zaman normatif lagi, sekarang zaman digital dan cepat. Meskipun digital kita tidak boleh instan, harus benar-benar dipahami apa yang diberikan sebagai modal kita ke depan. Dan saya berkeyakinan kita bisa mengembangkan calon-calon sertifikasi yang layak dan akan mampu membuat bangga Tabanan,” katanya.

Direktur Lembaga Sertifiksi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KPP)  Hery Maryuto memuji Tabanan karena komitmen yang sangat tinggi dalam pengembangan SDM. Dia berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber di antaranya Hery Maryuto dan Training Manager Institute for Professional Utami Widiasih. Kurikulum yang dibahas yakni perencanaan dan pengorganisasian asesmen, melaksanakan asesmen, dan pengembangan asesmen. *de

loading...

Komentar