nusabali

Indonesia di 'Grup Berat'

  • www.nusabali.com-indonesia-di-grup-berat

Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup K Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 bersama tiga tim asal Asia Tenggara lainnya.

Kualifikasi Piala AFC U-23 2020

KUALA LUMPUR, NusaBali
Tim Garuda Muda akan bersaing dengan Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.  Undian itu dilakukan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), di AFC House, Kuala Lumpur, Rabu siang (7/11).  Babak kualifikasi akan digelar pada 22- 26 Maret 2019 di 11 negara berbeda.

Grup K dapat dikatakan sebagai grup berat bagi Timnas U-23. Sebab Thailand memiliki ‘tradisi’ mengungguli Indonesia. Sedangkan Vietnam jadi tuan rumah. Dua tim itu bisa jadi batu sandungan Timnas U-23 . Hanya Brunei yang boleh dikatakan sebagai lawan ringan.

Vietnam juga runner-up Piala AFC U-23 2018, setelah di final kalah dari Uzbekistan. Sedangkan juara bertahan Uzbekistan di Grup F bersama Tajikistan, India, dan Pakistan.

Dari laporan bola.com, 44 tim peserta fase kualifikasi akan diambil 16 tim ke putaran final Piala AFC U-23 di Thailand pada 8-26 Januari 2020. Selain 11 tim juara grup yng lolos ke Thailand, empat atau lima runner-up terbaik dari 11 tim runner-up fase grup juga akan lolos, tergantung apakah Thailand di dua posisi teratas atau tidak di Grup K.

Dengan bergabung Thailand yang juga tuan rumah putaran final Piala AFC 2020,  akan menyulitkan Indonesia. Garuda Muda tetap harus jadi juara grup atau runner up agar lolos otomatis ke putaran final,  dengan nilai tinggi untuk masuk empat runner-up terbaik.

Jika Thailand juara grup atau runner-up di Grup K, jatah runner-up terbaik yang lolos ke putaran final akan menjadi lima tim. Karena itu, mau tidak mau Indonesia U-23  harus tetap jadi juara grup agar aman. Putaran final Piala AFC U-23 2020 menjadi jalan bagi tim peserta tampil di Olimpiade 2020. Sebab turnamen itu sekaligus jadi kualifikasi untuk pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. *

loading...

Komentar