nusabali

Musim Hujan, Pohon Bertumbangan

  • www.nusabali.com-musim-hujan-pohon-bertumbangan

Dampak hujan deras yang mengguyur wilayah Badung, mengakibatkan pohon bertumbangan, Kamis (8/11).

MANGUPURA, NusaBali
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung mengimbau agar masyarakat semakin meningkatkan kewaspadaan saat musim hujan. Bila mendapati kerawanan bencana, masyarakat agar segera melaporkan kepada pihak terkait, supaya lekas diambil tindakan.

Pohon tumbang salah satunya terjadi di Jalan Pratu Rai Madra, tepatnya di depan Pura Dalem Kelod, Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi. Pohon jenis beringin ini sempat menutupi badan jalan dan membuat kabel listrik jatuh. Pohon beringin di Pura Beten Bingin juga tumbang di Banjar Jumpayah, Mengwitani, Kecamatan Mengwi. Syukurlah tak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ni Nyoman Ermy Setiari yang dikonfirmasi membenarkan terjadinya peristiwa pohon tumbang di sejumlah wilayah Badung. Kata dia, peristiwa ini disebabkan oleh hujan lebat dan angin kencang. Atas kejadian ini, BPBD sudah melakukan penanganan dengan menurunkan tim ke lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan dan pemotongan dahan pohon yang tumbang.

“Hujan lebat dan angin kencang membuat banyak pohon tumbang. Dan begitu menerima laporan kami sudah turunkan tim untuk melakukan penanganan,” ujarnya.

Saat ini sebagian besar pohon yang menutup jalan dan bangunan ini sudah bisa ditangani. Selain melakukan pembersihan dan evakuasi, pihaknya juga tengah melakukan pendataan kerugian.

Karena intensitas hujan diperkirakan masih akan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan, Ermy Setiari mengimbau kembali masyarakat agar senantiasa waspada. Pasalnya, bencana alam bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. *asa

Komentar