nusabali

BPBD Jembrana Bentuk Relawan di Desa/Kelurahan

  • www.nusabali.com-bpbd-jembrana-bentuk-relawan-di-desakelurahan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana membentuk Forum Relawan Pengurangan Risiko Bencana (FRPRB) di setiap desa/kelurahan se-Kabupaten Jembrana.

NEGARA, NusaBali
Selain memberikan informasi terkait bencana di wilayah masing-masing, FRPRB yang rencananya dikukuhkan dalam waktu dekat ini, juga bertugas melakukan mitigasi bencana.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana, mengatakan ada tiga orang anggota FRPRB di setiap desa/kelurahan. Rekrut relawan tersebut diserahkan ke masing-masing desa/kelurahan. “Semua desa/kelurahan sudah menyiapkan orang-orangnya, dan sudah ada SK (surat keputusan). Sekarang kami tinggal menyiapkan seragam untuk rencana pengukuhan bulan November ini,” kata Eko, Kamis (8/11).

Menurut Eko, pembentukan relawan di masing-masing desa/kelurahan itu, bertujuan mempercepat pelayanan kebencanaan. Para relawan tersebut bertugas memberikan informasi yang akurat terkait bencana di wilayah masing-masing, sehingga penanganannya juga bisa dilakukan lebih akurat dari Posko Utama BPBD, baik menyangkut personel maupun peralatan yang dibutuhkan.

Selain menjadi informan, kata Eko, nantinya para relawan yang ngayah untuk kepentingan sosial, itu juga akan dilibatkan melakukan mitigasi bencana. Seperti memberikan edukasi kebencanaan, termasuk melakukan penanganan kebencanaan. Karena selama ini, bencana sering terjadi menyebar dalam waktu hampir bersamaan, sehingga diharapkan dengan kehadiran relawan tersebut, penanganan bencana yang biasa tersebar di sejumlah titik itu, dapat segera ditindaklanjuti.

“Mereka sifatnya sosial, tidak ada honor. Makanya, kemarin waktu kami minta ke desa, mengharapkan orang-orangnya adalah orang yang benar-benar siap ngayah untuk kemanusiaan. Tetapi ke depannya, bisa saja kami ajak berbagi rasa, siapa tahu bisa diberikan honor. Siapa tahu bisa dari desa memberikan honor,” ujar mantan Camat Pekutatan, ini. *ode

loading...

Komentar