nusabali

Beringin Timpa Pesandekan Pura Puseh Pikat

  • www.nusabali.com-beringin-timpa-pesandekan-pura-puseh-pikat

Sebuah pohon beringin di areal Pura Puseh, Desa Pakraman Pikat, Kecamatan Dawan, Klungkung, tumbang, Kamis (8/11) malam, akibat diguyur hujan deras yang disertai angin kencang.

SEMARAPURA, NusaBali
Dahan beringin ini menimpa Bale Pesandekan Pura Puseh hingga rusak parah. Informasi yang dihimpun, pohon beringin tersebut tumbang Kamis sekitar pukul 23.00 Wita. Saat itu di wilayah Klungkung tengah diguyur hujan deras disertai angin kencang. Diduga dahan pohon beringin itu tumbang karena kondisinya sudah tua atau lapuk. Bale Pesandekan ini rusak terutama pada bagian atap.

Selain itu dahan dan daun pohon tersebut juga sempat menutup akses jalan. Musibah ini langsung dilaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung. Selanjutnya Jumat (9/11) pagi, Tim Reaksi Cepat BPBD tiba di lokasi untuk mengevakuasi pohon tersebut. “Kami mengerahkan 16 anggota TRC, dengan menggunakan 1 unit mobil resque, 3 unit mobil operasional BPBD, 1 unit truk sampah milik tenaga kebersihan desa pikat. Untuk pemotongan menggunakan 5 unit gergaji mesin,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada, kepada NusaBali. Beberapa jam kemudian, pohon tumbang itu tertangani dan akses jalan sudah terbuka. Mengenai kerugian pihaknya masih memverifikasi.

Pada hari yang sama, pohon nangka juga tumbang di Banjar Buayang, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, akibat diguyur hujan deras. “Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya menutup seluruh badan jalan, kini sudah tertangani dan akses jalan sudah terbuka,” ujarnya. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terutama saat turun hujan deras disertai angin kencang, karena rawan menyebabkan musibah pohon tumbang dan tanah longsor.*wan

Komentar