nusabali

Karangasem Tuan Rumah Festival Kelapa Indonesia

  • www.nusabali.com-karangasem-tuan-rumah-festival-kelapa-indonesia

Kabupaten Karangasem ditetapkan sebagai tuan rumah Festival Kelapa Indonesia tahun 2019

AMLAPURA, NusaBali
Festival ini akan dihadiri 248 bupati se-Indonesia yang menjadi anggota Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek). Karangasem merupakan penghasil kelapa nomor empat di Indonesia. Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, dalam persiapannya sebagai tuan rumah Festival Kelapa Indonesia 2019, telah menyosialisasikan dan menggalakkan penanaman kelapa genjah. Penanaman secara simbolis dilakukan di sempadan sungai SMKN Amlapura, Jalan Veteran Amlapura, Jumat (9/11). Selain menggelar Festival Kelapa Indonesia, nantinya dirangkaikan dengan merayakan Hari Kelapa Internasional ke-50 yang anggotanya 18 negara tergabung dalam Asian and Pasific Coconut Community (APCC).

Karangasem ditetapkan sebagai tuan rumah setelah melakukan serah terima dari Kota Gorontalo, yang sebelumnya jadi tuan rumah. Bupati Mas Sumatri juga menginstruksikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) agar pemerintah desa ikut menanam dan mengembangkan kelapa genjah di tiap desa. Dikatakan, manfaat kepala sangat banyak. Contohnya, air kelapa bermanfaat untuk kesehatan seperti menurunkan berat badan, menetralisir racun, menghilangkan dehidrasi, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan ginjal, menjaga janin, dan membuat kulit lebih mulus.

Khusus di Bali, daun kelapa bisa dipakai untuk kebutuhan upakara, baik janur maupun daun kepala hijau. “Janur untuk canang, daun hijau untuk tamas,” kata Bupati Mas Sumatri. Ditambahkan, pada tahun 2019, Karangasem juga sebagai tuan rumah WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) disertai adanya pagelaran budaya, parade, dan pameran tentang kebudayaan beranggotakan 66 kabupaten/kota.

Dipercaya sebagai tuan rumah secara tidak langsung memperkenalkan Karangasem di mata masyarakat nasional, terutama potensi pariwisata yang tersebar di 59 objek wisata. Sementara Kepala Dinas Pertanian, I Wayan Supandi, membenarkan Karangasem sebagai penghasil kelapa terbesar nomor empat di Indonesia. Sehingga layak jadi tuan rumah dengan menampilkan beragam jenis buah kelapa. *k16

Komentar