nusabali

Sajak untuk Negeri, Plaza Renon Gelar Musikalisasi Puisi

  • www.nusabali.com-sajak-untuk-negeri-plaza-renon-gelar-musikalisasi-puisi

Ada suasana cukup berbeda di Plaza Renon Denpasar, Sabtu (10/11) sore.

DENPASAR, NusaBali
Nuansa semangat juang begitu bergema saat lomba musikalisasi puisi digelar di pusat perbelanjaan tersebut. Musikalisasi puisi digelar serangkaian memperingati Hari Pahlawan yang jatuh 10 November 2018, kemarin.

Marketing Communication Supervisor Plaza Renon, Shindy Merytha, mengatakan acara bertajuk ‘Kidung Sajak Untuk Negeri’ yang diikuti oleh enam kelompok dalam komunitas yang memang bergelut dengan teater dan musikalisasi puisi. Tema semangat juang pahlawan diketengahkan sesuai dengan peringatan Hari Pahlawan untuk mengenang dan membangkitkan lagi jiwa nasionalisme.

“Mereka membawakan puisi dengan tema pahlawan dan nasionalisme. Mereka bebas memilih puisi apa yang akan dibawakan,” ujar Shindy, di sela acara.



Tidak hanya sebatas memperingati Hari Pahlawan. Plaza Renon yang berkomitmen menjadi wadah bagi kreativitas anak muda. Seringkali kreativitas anak muda tidak bisa tersalurkan karena tidak adanya ruang atau panggung untuk pentas. “Mereka kan memang penggiat teater dan musikalisasi puisi. Cuman mereka kurang dari segi panggung atau ruang ya untuk mengekspresikan mereka punya bakat. Kami memfasilitasi sebagai wadah untuk mempertemukan mereka,” katanya.

Sementara itu, salah satu juri musikalisasi puisi, Heri Windi Anggara, beberapa hal yang dinilai dalam musikalisasi puisi adalah pemaknaan dan penjiwaan. Heri menyebut, peserta harus mampu memaknai puisi yang diubah menjadi susunan musikal.

“Musikalisasi puisi mengungkap makna bunyi yang hadir dalam puisi, menjadi sebuah karya baru,” ujarnya. Sedangkan penghayatan peserta akan menambah nilai daya ungkap. Dalam musikalisasi puisi diharuskan bisa merasakan apa maksud dari puisi tersebut. Dengan dipadukan bersama musik, maka puisi tersebut, kata Heri, bisa memberikan daya ungkap yang lebih.



“Antara musik dan puisi harus seimbang. Kalau musiknya saja yang menonjol, maka puisinya akan tenggelam. Tapi dari penilaian lomba ini, dua hal itu, pemaknaan dan penjiwaan adalah poin penting. Kalau penilaian performa, itu bonus,” tandasnya. 

 

Masih serangkaian memperingati Hari Pahlawan, Plaza Renon juga menggelar sejumlah kegiatan menarik berupa edukasi untuk anak-anak pada Minggu (11/11) hari ini. Di antaranya permainan membangun Lego untuk anak-anak TK dan SMP. Selain itu, ada juga lomba membaca, menulis dan berhitung (calistung) untuk kategori anak TK, mewarnai kreatif, serta fun games. *ind

Komentar