nusabali

Bupati Giri Prasta Buka Festival Seni Budaya Badung XII Tahun 2018

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-buka-festival-seni-budaya-badung-xii-tahun-2018

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta membuka secara resmi Festival Seni Budaya Kabupaten Badung XII Tahun 2018, di depan Pura Taman Ayun, Mengwi, Jumat (9/11), dengan menancapkan trisula.

MANGUPURA, NusaBali
Acara pembukaan diisi pawai kesenian dari masing-masing kecamatan di Badung. Hadir di acara tersebut Ny Seniasih Giri Prasta, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa beserta istri, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata beserta Wakil Ketua DPRD Badung, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa beserta istri, Panglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung, serta seniman se-Kabupaten Badung.

Bupati Giri Prasta mengatakan, pemerintah bersama DPRD berkomitmen untuk melestarikan adat, agama, dan seni budaya. Dikatakan, setiap desa adat pasti ada baga pahyangan, pawongan, dan baga palemahan dengan konsep Tri Hita karana. Sementara terkait dengan tradisi, semua desa adat memiliki dresta, pararem, dan awig awig yang dihormati bersama.

Berkenaan dengan budaya, sejak tiga tahun lalu telah diterapkan pengarusutamaan kebudayaan, sehingga filosofinya pelaksanaan pembangunan di Badung harus berakar budaya Bali dan nuansa seni.

“Saya berharap kepada seniman melalui sanggar maupun sekaa teruna begitu juga krama Badung agar ikut melestarikan dan mempertahankan budaya yang ada di Kabupaten Badung dan Bali,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayan Badung IB Anom Bhasma selaku Ketua Panitia melaporkan, Festival Seni dan Budaya Kabupaten Badung Tahun 2018 ini bertema ‘Buddhaya Lango Wesananing Urip Samasta Praja’, artinya menjunjung tinggi seni budaya adiluhung sebagai roh pembangunan Kabupaten Badung Semesta Berencana.

Rangkaian Festival Seni Budaya ini diisi dengan berbagai lomba. Di antaranya lomba bapang barong dan makendang tunggal, lomba baleganjur se-Bali yang diikuti oleh sekaa, sanggar, sekaa teruna, dan anak-anak se-Bali. Kegiatan lomba akan berlangsung hingga 14 November 2018 yang dipusatkan di Puspem Badung. *asa

Komentar