nusabali

UMKM di Badung Terus Tumbuh, Kini Tembus 15.755 Unit Usaha

  • www.nusabali.com-umkm-di-badung-terus-tumbuh-kini-tembus-15755-unit-usaha

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Badung saat ini berdasar data Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, sebanyak 15.755 unit usaha, berupa produk kerajinan, fashion, kuliner, dan lain-lain.

MANGUPURA, NusaBali
Beberapa produk kerajinan tersebut kini mengikuti pameran yang diselenggarakan menyambut HUT ke–9 Mangupura digelar di areal parkir timur Jaba Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung. Puluhan stand sengaja disiapkan oleh pihak panitia untuk memberi tempat UKM di Badung memamerkan produk-produknya, supaya lebih dikenal masyarakat. Pameran UKM kerajinan dan kuliner tersebut secara simbolis dibuka, Sabtu (10/11), oleh Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa.

“Kabupaten Badung terdapat 15.755 UMKM dan 628 koperasi dengan berbagai macam jenis usaha. Ini merupakan potensi yang sangat besar untuk menggerakkan perekonomian di Kabupaten Badung,” ujarnya.

Sementara Kepala Dina Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung I Ketut Karpiana, menyatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke–9 Mangupura yang dikaitkan dengan Festival Seni Budaya. “Jadi, selain menyaksikan kegiatan Festival Seni Budaya yang dipusatkan di Puspem Badung, masyarakat juga diharapkan dapat mengunjungi stand UKM di parkir timur Puspem,” jelasnya.

Karpiana menambahkan, pameran UKM kerajinan dan kuliner ini dimaksudkan memberi ruang kepada pengusaha untuk memperkenalkan produk-produknya. Dalam hal ini produk yang dipamerkan dari kelas bawah, menengah, dan atas. “Kami sebetulnya telah memberikan fasilitas untuk membantu mempromosikan produk UMKM di Badung. Caranya melalui website dengan laman www.badungbalitrading.com,” kata pejabat asal Cemagi, Kecamatan Mengwi, itu.

“Tapi baru 30 persen yang memanfaatkan pemasaran secara online. Kami harapkan bisa semakin meningkat penggunaan media online, sehingga semakin luas produk UMKM di Badung tersosialisasi kepada masyarakat,” harapnya. *asa

Komentar