nusabali

Kapolres Klungkung Disambut Pedang Pora

  • www.nusabali.com-kapolres-klungkung-disambut-pedang-pora

Tongkat komando jabatan Kapolres Klungkung telah diserahterimakan oleh Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, Jumat (9/11)

SEMARAPURA, NusaBali
Pejabat lama Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto didampingi Ny Dewi Bambang Tertianto, dilepas dari Polres Klungkung. Dalam pelepasan itu pejabat baru Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana, didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Klungkung yang baru, Ny Gusti Ayu Sudana. Acara lepas sambut pejabat lama dan baru Kapolres Klungkung ini digelar di halaman Mapolres Klungkung, Sabtu (10/11).

Dilanjutkan acara prosesi pedang pora oleh para perwira pertama berpangkat Ipda dan Iptu dipimpin komandan pedang pora Iptu Nengah Simpen. Selain itu juga, diisi pengalungan dan pemberian buket bunga.

Kasubag Humas Polres  Klungkung AKP Putu Gede Ardana mengatakan, pedang pora berasal dari kata Pedang Pura atau Gapura Pedang memang menjadi tradisi pernikahan bagi perwira militer sebagai tanda melepas masa lajangnya. Upacara ini diiringi rangkaian pedang berbentuk gapura yang dibentuk dari hunusan pedang sang perwira atau adik angkatan mempelai pria.

Begitu juga tradisi pedang pora pada acara penyambutan atau selamat datang kepada pejabat baru seperti kapolres, bermakna agar para perwira lainnya senantiasa setia untuk memayungi dan mengawal pimpinan barunya selama pelaksanaan tugas. “Demikian juga tradisi pedang pora pada pelepasan pimpinan lama dengan membentuk lingkaran pedang pora bermakna tugas memanyungi dan mengawal pimpinan lama telah berakhir,” ujarnya, Minggu (11/11).

Usai memasuki gerbang pora, Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana, didampingi Waka Polres Kompol Adnan Pandibu, disambut para kepala Bagian (Kabag), Para Kepala Satuan Fungsi (Kasat Fung) dan para Kapolsek jajaran beserta bhayangkarinya dan seluruh personel Polres Klungkung. Selanjutnya Kapolres AKBP Sudana, menuju ruang Rupatama Polres Klungkung untuk melaksaksanakan laporan kesatuan.

Setelah laporan kesatuan, acara dilanjutkan dengan pelepasan AKBP Bambang Tertianto, dengan diselenggarakannya prosesi payung pora. Kemudian perpisahan kepada AKPB Bambang Tertianto, dalam kesempatan itu seluruh personel memberikan salam perpisahan.

AKBP Bambang Tertianto kini dipercaya sebagai Wadir Reskrimsus Polda Bali. Sedangkan, penggantinya AKBP I Komang Sudana, sebelumnya menjabat Kasubdit 3 Dit Reskrimum Polda Bali. AKBP Bambang Tertianto selama setahun lima bulan menjabat Kapolres Klungkung, sejak 26 Mei 2017. *wan

Komentar