nusabali

Areal Danau Beratan Dibangun Dermaga

  • www.nusabali.com-areal-danau-beratan-dibangun-dermaga

Areal Danau Beratan yakni di sisi selatan DTW Danau Beratan, tepatnya Beratan Indah Serasi wilayah Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan akan dibangun dermaga speed boat.

TABANAN, NusaBali
Tahun 2018 proses pembangunan sudah dimulai dengan pemasangan 16 tiang pancang. Anggaran pembangunan merupakan gelontoran Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan sebesar Rp 24 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Tabanan I Putu Agus Harta Wiguna ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Bantuan pembangunan dermaga diusulkan Pemkab Tabanan tahun 2015 ke pusat. Atas usaha itu pada 2018 direaliasikan dan sudah mulai pembangunan tahap I.

“Sekarang sudah pembangunan 16 tiang pancang pada Oktober lalu. Dan pembangunan ini tahap pertama,” ungkapnya, Minggu (11/11).

Kata dia, anggaran yang digelontorkan pusat dalam pembangunan dermaga boat sebesar Rp 24 miliar dan diberikan secara bertahap. Oleh karena itu pembangunan dermaga diprediksi finish tiga tahun ke depan atau 2020. “Diberikan bantuan bertahap sehingga pembangunan juga bertahap,” imbuhnya.

Dijelaskan dasar dibuatnya dermaga itu karena di areal Danau Beratan sekarang ini belum ada dermaga yang representatif yang memenuhi standar. Akan tetapi kunjungan di areal Danau Beratan tidak pernah sepi dan wisata air seperti speed boat semakin menggeliat. “Atas semangat itulah Pemkab Tabanan mengusulkan, dengan harapan dermaga terwujud menjadi ikon baru di Danau Beratan,” tuturnya.

Ditambahkan Harta Wiguna, pembangunan dermaga wisata ini mengambil lokasi di Beratan Indah Serasi yang merupakan aset pemda. Karena syarat untuk bisa mendapatkan bantuan dari pusat yakni pemda harus menyiapkan lahan. Namun dia tidak hafal luas dermaga yang sedang dibangun tersebut. *de

Komentar