nusabali

Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah

  • www.nusabali.com-puting-beliung-rusak-puluhan-rumah

Bencana angin puting beliung tercatat mulai menerjang wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada akhir Oktober hingga awal November untuk tahun ini.

GROBOGAN, NusaBali
Karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan terus berupaya memberikan peringatan dini kepada masyarakat untuk waspada menyusul telah memasuki awal musim penghujan.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Grobogan, angin kencang telah memporak-porandakan puluhan rumah di 8 Kecamatan. Rinciannya, sebanyak 16 rumah warga roboh dan sekitar 30 rumah warga mengalami kerusakan.

"Belasan rumah roboh dan puluhan mengalami kerusakan bervariasi. Dua orang luka-luka. Kami imbau masyarakat waspada mengingat Kabupaten Grobogan rawan terjadi angin puting beliung terlebih saat pancaroba dari kemarau ke penghujan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Grobogan, Budi Prihantoro seperti dilansir kompas, Selasa (13/11).

Disampaikan Budi, BPBD Kabupaten Grobogan secara bertahap telah berupaya memberikan bantuan untuk warga terdampak puting beliung. Diantaranya pengiriman logistik pangan maupun kerja bakti melakukan perbaikan rumah warga.

Sementara, untuk bangunan rumah warga yang mengalami kerusakan parah, BPBD Kabupaten Grobogan akan berupaya mengkoordinasikan bantuan sosial baik ditingkat Pemkab Grobogan maupun Pemprov Jateng.

"Kami terjun untuk kerja bakti, pengiriman logistik pangan, mengusahakan bansos. Untuk rumah rusak bansos Pemkab Rp 2,5 juta per rumah dan bansos Pemprov Rp 15 juta per rumah. Kami masih upayakan itu," ungkap Budi.

Dijelaskan Budi, Ketika musim penghujan, selain bencana banjir dan longsor, puting beliung juga rawan melanda wilayah Kabupaten Grobogan. "Grobogan rawan puting beliung dan terjadi setiap tahunnya. Merujuk data, sebagian kecamatan dari 19 kecamatan terdampak puting beliung, terutama kawasan yang dekat persawahan," pungkasnya. *

Komentar