nusabali

Dua Puskesmas Diakreditasi

  • www.nusabali.com-dua-puskesmas-diakreditasi

Dua Puskesmas di Karangasem diakreditasi. Puskesmas Sidemen menjalani akreditasi pada tanggal 12-14 November dan Puskesmas Manggis II pada tanggal 15-17 November 2018.

AMLAPURA, NusaBali
Tambahan dua puskesmas ini, sudah 11 puskesmas terakreditasi di Karangasem. Tinggal menunggu agenda akreditasi paling terakhir di Puskesmas Kubu II pada Desember mendatang. Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, memantau jalannya akreditasi di Puskesmas Sidemen, Banjar Banyucampah, Desa Talibeng, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Rabu (14/11). “Target tahun 2018 tuntas 12 Puskesmas terakreditasi. Baik Puskesmas Rawat inap maupun tidak rawat inap, wajib diakreditasi menyangkut evaluasi kinerja,” katanya. Dikatakan, akreditasi menyangkut penilaian tiga aspek yakni UKP (Upaya Kesehatan Perorangan), UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat), dan Admen (Administrasi Manajemen).

Gusti Putra Pertama menambahkan, ketiga aspek itu terangkum penjabarannya di 15 standar pelayanan, masing-masing: 7 pelayanan fokus pada pasien dan 8 pelayanan menyangkut manajemen. “Setelah diakreditasi atau kinerjanya diaudit, terungkap kualitas pelayanan dan kualitas manajemen di Puskesmas bersangkutan,” tambahnya. Ditegaskan, Puskesmas juga wajib menyampaikan profil organisasi, visi organisasi, struktur, dan motto.

Akreditasi di Puskesmas Sidemen menghadirkan tiga surveyor yakni dr Renny Ibrahim bidang admin, Sunarti Muhammad mengecek bidang UKM, dan Darmiyanty Yahya mengecek bidang UKP. Kepala Puskesmas Sidemen, I Wayan Sukrata, mengaku telah menyiapkan seluruh instrumen yang diakreditasi. “Secara teknis tidak ada kendala,” katanya. Terpisah, Kepala Puskesmas Manggis II, Ni Nengah Murniati, mengaku telah siap menjalani akreditasi. *k16

Komentar