nusabali

Rumah Tertimpa Longsor, Sekeluarga Mengungsi

  • www.nusabali.com-rumah-tertimpa-longsor-sekeluarga-mengungsi

Rumah milik I Ketut Sudira, 48, di Banjar Guminten, Desa/Kecamatan Sidemen, Karangasem tertimpa longsor Kamis (15/11) pukul 03.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali
Akibatnya bagian tembok belakang rumah jebol, material masuk hingga ke kamar. Beruntung Sudira dan keluarga lebih awal mengungsi ke rumah tetangga sehingga nihil korban jiwa.

Kelian Banjar Guminten, I Wayan Tantra, menceritakan sejak sore turun hujan lebat, tiada henti hingga tengah malam. Hujan lebat itu menyebabkan pemilik rumah I Ketut Sudira bersama 6 anggota keluarganya, waswas, tidak bisa tidur. Sehingga memilih mengungsi ke tetangganya di rumah I Nyoman Alit, 30 meter dari rumahnya karena telah merasakan ada getaran pertanda terjadi longsor. Sudira mengungsi bersama ayah kandungnya I Wayan Sudira, 72, istri Ni Nengah Merta, 45, dan empat anak. Sekitar pukul 03.00 Wita, tebing setinggi 5 meter dari belakang rumah atau dari barat rumah jebol, menimpa tembok kamar tidur dari bagian belakang. Tebing yang longsor berupa lahan subur yang berat menahan air.

Akibat longsor, tembok dan sebagian halaman rumah tertutup tanah. Bunyi longsor itu didengar pemilik rumah. Sehingga pagi-pagi buta langsung mengecek dan material menutupi halaman serta sebagain kamar tidurnya.

Masyarakat Banjar Guminten dikoordinasikan Perbekel Desa Sidemen I Gusti Lanang Oka dan Kelian Banjar Guminten I Wayan Tantra spontan memberikan pertolongan membersihkan material longsoran juga memindahkan barang-barang milik korban.

Walau sejumlah warga telah berusaha menyingkirkan material longsor, tetap kewalahan. Sehingga datang petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem dikoordinasikan Kepala Pelaksana Ida Bagus Ketut Arimbawa, turut memindahkan material longsoran.

Petugas BPBD berbaur dengan petugas Polsek Sidemen, Koramil Sidemen, dan masyarakat, cukup lama juga membersihkan longsoran itu. Sebab, menggunakan alat manual. Mengingat alat berat tidak bisa menjangkau lokasi longsor. Lokasi longsor di lereng Bukit Guminten, 50 meter dari jalan raya.

Petugas menuju lokasi longsor mesti menyusuri jalan setapak sekitar 50 meter. "Kami merasa bersyukur, sejak awal mengungsi, sehingga terhindar dari bahaya," jelas I Ketut Sudira. Sementara Kalak BPBD IB Ketut Arimbawa mengaku dapat laporan melalui WA, terjadi longsor di Banjar Guminten. "Kami berharap korban agar sementara pindah ke rumah tetangga, selama musim hujan. Sebab, lokasi rumah di dekat tebing," kata IB Ketut Arimbawa.

Kelian Banjar Guminten I Wayan Tantra sangat berharap agar korban dapat bantuan rehab rumah, terutama untuk menutupi bagian tembok yang jebol. "Harapannya agar rumahnya bisa ditempati kembali," harap Wayan Tantra. *k16

loading...

Komentar