nusabali

Patahkan Mitos Buruk

  • www.nusabali.com-patahkan-mitos-buruk

Satu hal yang pasti kami akan memecahkan mitos buruk itu dengan bekerja keras. Hal tersebut memang tidak akan mudah karena sepakbola bukan matematika.

Duel Thailand vs Indonesia, Malam Ini

BANGKOK, Nusa Bali
Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti optimistis timnya mampu mematahkan catatan buruk saat menantang Thailand, di laga ketiga Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11) malam. Kemenangan atas Timor Leste di laga kedua menjadi motivasi Hansamu Yama dkk. untuk meraih kemenangan dalam laga penting ini.

"Satu hal yang pasti kami akan memecahkan mitos buruk itu dengan bekerja keras. Hal tersebut memang tidak akan mudah karena sepakbola bukan matematika," ujar Bima Sakti.

Dari empat kali bertanding di stadion Rajamangala, Tim Garuda tiga kali kalah dan sekali menang. Kemenangan diraih saat melawan Vietnam di semifinal Piala AFF 2000. Namun saat melawan Thailand di final Piala, Timnas kalah 1-4.

Bima Sakti dan Kurniawan yang saat ini di staf kepelatihan Timnas Indonesia, ikut merasakan kekalahan itu sebagai pemain. Dua kekalahan selanjutnya pada semifinal Piala AFF 2008 dan Final Piala AFF 2016, dengan skor 2-1 dan 2-0.

"Kami berjuang maksimal. Kami menargetkan mencuri poin di sini demi memudahkan kami lolos ke fase selanjutnya," kata Bima Sakti.

Sementara itu, mantan striker Timnas Indriyanto Nugroho mengatakan, barisan penyerang Indonesia harus fokus penuh dan lebih tenang saat menghadapi Thailand. Jika lini depan tenang dan fokus, Timnas diyakini mamapu mencuri poin di kandang Thailand.

Menurut jebolan Primavera itu, dari dua laga yang dijalani, bomber Timnas belum tampil maksimal. Padahal mereka punya kualitas bagus. Alberto Goncalves dkk. belum tajam karena skema penyerangan yang dilakukan belum efektif.

"Cara bertanding Timnas belum memberi kontribusi positif bagi lini depan. Mereka jarang dapat bola-bola matang yang membahayakan lawan," ungkap Indriyanto.

Sedangkan bek Timnas Fachruddin Aryanto, optimistis kans timnya saat berjibaku melawan Thailand. Fachruddin enggan pesimistis sebelum berjibaku di lapangan. Dia menyebut Timnas mampu mengejutkan Thailand jika mau bekerja keras dan fokus sepanjang pertandingan. *

Komentar