nusabali

Bupati Giri Prasta Resmikan Badung Command Center

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-resmikan-badung-command-center

Bertepatan dengan peringatan HUT Ke-9 Mangupura, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta secara resmi melaunching Badung Command Center (BCC), Kamis (16/11) kemarin.

MANGUPURA, NusaBali
Peresmian BCC tersebut juga dihadiri Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, mantan Bupati Badung AA Gde Agung dan Wakil Ketua DPRD Nyoman Karyana dan Made Sunarta.

Bupati Giri Prasta mengungkapkan, BCC merupakan satu hal yang positif, sebagai platform terpusat untuk mengakses seluruh aplikasi pemerintah daerah, sehingga menjadikan Badung sebagai Smart City.

“Smart City Badung ini kontennya adalah connecting, controling dan monitoring. Untuk itu, saat ini kami sudah bisa memantau segala sesuatunya melalui video wall yang ada di Command Center,” terangnya sembari menyatakan launching BCC ini juga berbarengan dengan peluncuran WiFi gratis di seluruh Kabupaten Badung.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta menambahkan, dengan adanya BCC, WiFi gratis merupakan bukti nyata komitmen pemerintah kepada masyarakat Badung untuk memberikan pelayanan yang transparan, cepat, pasti dan murah. “Kami berharap hal ini dapat meningkatkan pelayanan masyarakat yang efisien, terintegrasi dan berkesinambungan” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Badung I Wayan Weda Dharmaja mengatakan, Smart City merupakan pengembangan dan pengelolaan kota dengan memanfaatkan Teknologi Infomasi (TI) untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini juga memaksimalkan pelayanan kepada warga dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

“Salah satu langkah untuk mewujudkan Smart City di Kabupaten Badung adalah dengan membangun Badung Command Center atau kami sebut sebagai Kidung Mangupura. BCC dengan tagline Kidung adalah kepanjangan dari Komunikasi Informasi Badung, ini merupakan pusat pemantauan seluruh sensor dan data-data dari aplikasi yang ada di perangkat daerah Kabupaten Badung sehingga terintegrasi dan ditampilkan dalam wall display BCC,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, BCC saat ini boleh dibilang terbaik se-Indonesia dan menempati bangunan berlantai tiga dengan luas 5.184 meter persegi. Adapun data-data yang dapat ditampilkan antara lain CCTV dan video analitik, data-data pelayanan publik seperti perizinan, perpajakan, kependudukan, serta data-data kinerja perangkat daerah Kabupaten Badung meliputi absensi pegawai serta kinerja fisik dan keuangan perangkat daerah. “Bersamaan dengan peresmian BCC pada hari ini juga diresmikan Data Center Kabupaten yang merupakan pusat data Pemerintah Kabupaten Badung. Data Center ini dibangun dengan menggunakan teknologi Hyperconvergence agar dapat melayani transaksi data dengan optimal. Selain itu juga diresmikan akses internet gratis/free WiFi, CCTV surveillance, ATCS, Whistle Blower System (WBS), layanan NTPD Call Center 112, layanan pengaduan 14084 dan Unit Reaksi Cepat Pelayanan Publik (URCP2),” ujarnya.

Weda Dharmaja menambahkan, kondisi saat ini sudah ada 72 aplikasi, 994 titik WiFi gratis yang tersebar dari ujung Selatan sampai ujung Utara wialayah Kabupaten Badung. Tidak itu saja, pun sudah ada sebanyak 568 CCTV yang terpasang di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, sekolah, puskesmas, objek wisata dan tempat-tempat strategis di Kabupaten Badung. *asa

Komentar