nusabali

Kado Manis Buat Rooney

  • www.nusabali.com-kado-manis-buat-rooney

Kapten tim Inggris Wayne Rooney mendapat kado manis dalam ‘laga perpisahan’, di Stadion Wembley, London, Jumat (16/11) dinihari WITA.

Inggris vs Amerika Serikat 3-0

LONDON, NusaBali
Timnas Inggris menang 3-0 saat menjamu Amerika Serikat (AS) dalam laga uji coba, sekaligus laga terakhir Rooney. Pada laga itu Inggris tak memainkan Harry Kane, Raheem Sterling, dan Kyle Walker. Ketiganya jadi penghias bangku cadangan. Meski tanpa beberapa pemain utama, Inggris tak kesulitan mengatasi perlawanan AS. Inggris pun melesakkan tiga gol lewat Jesse Lingard menit ke-25, Trent Alexander-Arnold (27), dan Callum Wilson (77).

Gareth Southgate menurunkan Wayne Rooney (33 tahun) menit ke-58 menggantikan Lingard. Laga ini bentuk penghormatan FA kepada Rooney berkat kontribusinya selama 15 tahun membela The Three Lions. Rooney sejatinya pensiun dari Timnas sejak 2017.

Sayang, mantan striker Manchester United ini gagal mencetak gol dalam laga tersebut. Namun Rooney tetap bahagia kembali mengenakan seragam putih-putih kebanggaan dan bermain lagi di Wembley.

Rooney pun mengaku menyesal tak bisa mencetak gol dalam laga ini.

Tetapi, menurutnya, andai ia bisa mencetak gol dalam laga itu, maka gol akan timbul perdebatan apakah gol tersebut dihitung sebagai golnya untuk Inggris. Sebab, dirinya sebelumnya sudah menyatakan pensiun pada November 2016.

"Malam itu seperti yang saya bayangkan. Malam yang akan saya ingat selamanya. Sayangnya, saya tidak bisa mencetak gol,”ujar Rooney dikutip Daily Mail.

Rooney memulai kiprahnya di Timnas Inggris pada 2003. Saat itu Rooney jadi pemain termuda yang melakoni debut untuk Inggris. Laga perdana Rooney bersama Inggris, saat kontra Australia, Februari 2003.

Saat itu, usia Rooney baru 17 tahun 111 hari. Kemudian, pada September di tahun yang sama, Rooney kembali mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol untuk Inggris dalam laga kontra Makedonia.

Selama 15 tahun membela Inggris, Rooney sudah tampil dalam 120 pertandingan internasional. Jumlah caps Rooney jadi yang kedua terbanyak setelah kiper legendaris, Peter Shilton, dengan 125 caps. Selain itu, Rooney juga memegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Inggris, dengan 53 gol. Jumlah ini terpaut empat gol dari legenda Inggris lainnya, Sir Bobby Charlton, 49 gol. *

Komentar