nusabali

PDIP Incar 21 Kursi di DPRD Gianyar

  • www.nusabali.com-pdip-incar-21-kursi-di-dprd-gianyar

Semua caleg dalam 1 dapil diminta perkuat pemetaan wilayah dan seluruh struktur partai harus membantu.

GIANYAR, NusaBali
PDIP targetkan bisa dominasi 21 kursi dari total 40 kursi di DPRD Gianyar periode 2019-2024 yang akan diperebutkan pada Pileg 2019 nanti. Target ini naik 5 kursi dari pero¬lehan 16 kursi DPRD Gianyar 2014-2019 yang diraih PDIP dalam Pileg 2014 lalu.

Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster minta para kader solid untuk memenangkan Pilpres dan Pileg 2019. Hal itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) Pemenangan Pemilu 2019 PDIP Gianyar di Wantilan DPC PDIP Gianyar di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Sabtu (17/11).

Tak tanggung-tanggung, Gubernur Bali ini memberikan target tinggi baik di pusat, daerah maupun kabupaten/kota. Penghitungan perolehan suara dengan sistem proporsional terbuka, seluruh caleg diminta semangat berjuang memenangkan partai, bukan orang per orang. Semua caleg dalam 1 dapil diminta perkuat pemetaan wilayah dan seluruh struktur partai harus membantu.

"Semua struktur partai harus solid," ungkapnya. Koster pun merinci target perolehan kursi di masing-masing jenjang. Untuk tingkat DPR RI ditarget 5 kursi; DPRD Bali ditarget naik menjadi 31 kursi dan DPRD Kabupaten Gianyar ditarget naik dari saat ini 16 kursi menjadi 21 kursi.

"Dapil Gianyar dari 8 caleg harus jadi 4. Dapil Blahbatuh Tampaksiring yang sekarang 4 naik lagi 1. Harusnya bisa, apalagi banyak incumbent," tegas Koster. Sementara untuk Dapil Sukawati, Koster minta ada kenaikan menjadi 5 kursi; Ubud jadi 3 kursi; sedangkan Tegallalang-Payangan naik jadi 4 kursi. "Sudah 50% lebih itu dari total kursi. Jadi betul-betul kuat. Caranya, program pro rakyat bisa dijalankan," ungkapnya.

Sementara Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made Agus Mahayastra mengatakan pertarungan Pemilu 2019 nanti harus 'Metal'. "Merah total, Mega total, Menang total," ujarnya disambut riuh tepuk tangan para kader partai. Mahayastra pun mengaku sudah melakukan pemetaan, bahkan hingga tingkat banjar. "Telah kita petakan dengan mengundang semua struktur partai. Misal di dapil Gianyar, dari 17 banjar mana saja yang masuk, kita punya data. Ini riil," jelasnya.

Kepada para kadernya, Mahayastra mengatakan partai tidak pernah berhenti berjuang. Setelah Pilkada serentak beberapa waktu lalu, kini kader partai bersiap menghadapi pemilu. “Untuk Rakorcab ini, agendanya masih linier, yakni pemenangan Pilpres dan pemenangan Pileg, serta penjabaran program partai secara umum, serta PPNSB (Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana),” ucapnya. Sementara terkait kursi Pileg 2019 DPRD Gianyar ditargetkan naik jadi 21 kursi, Agus Mahayastra mengaku optimis target setinggi-tingginya bisa dicapai. Bahkan, tim pemenangannya telah membuat buku pemetaan suara per dapil. Buku pemetaan tersebut bahkan langsung diserahkan pada Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster.

Untuk diketahui, kursi PDIP DPRD Gianyar tahun 2014 sebanyak 16 kursi. Masing-masing dari Dapil I Gianyar 3 kursi, Dapil II Blahbatuh Tampaksiring 4 kursi, Dapil III Sukawati 4 kursi, Dapil IV Ubud 2 kursi, dan Dapil V Tegalalang Payangan 3 kursi.  

Disinggung mengenai target 85 persen untuk kemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Politisi asal Payangan ini mengatakan, angka itu realistis melihat peta kekuatan partai di Bali, khususnya Gianyar.

“Target itu realistis. Pertama partai di Bali yang memang suara signifikan di Bali, yakni PDIP, Golkar, Hanura, PKPI itu pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Kalau lawan kan kekuatan utamanya di Gerindra. Makanya kalau lihat suara partai, target 85 persen realistis,” jawabnya. Bahkan khusus untuk di Gianyar, pihaknya secara khusus telah memetakan perolehan suara yang dapat direbut paslon Jokowi-Ma’ruf Amin. Untuk Kecamatan Gianyar, pihaknya yakin mampu mendulang 85 persen suara, Blahbatuh 88 persen suara, Tampasiring 86 persen, Sukawati 88 persen, Ubud 85 persen, Tegalalang 80, dan Payangan 89 persen suara. *nvi

Komentar