nusabali

Ratusan Pelajar Ikuti Gerak Jalan Hari Puputan Margarana

  • www.nusabali.com-ratusan-pelajar-ikuti-gerak-jalan-hari-puputan-margarana

Ratusan pelajar ikuti gerak jalan dalam rangka Peringatan Hari Puputan Margarana ke-72 yang dipusatkan di Halaman Puri Agung Kesiman, Denpasar, Sabtu (17/11).

DENPASAR, NusaBali
Kegiatan ini sebagai upaya mengenang perjuangan pahlawan Bali sekaligus untuk menanamkan jiwa nasionalisme, memupuk kesatuan dan persatuan bangsa. Kegiatan Peringatan ke-72 perang Puputan Margarana melawan Belanda ini diawali dengan upacara yang dipimpin Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara sekaligus melepas gerak jalan. Kegiatan ini juga dihadiri Panglingsir Puri Kesiman AA Ngurah Gede Kusuma Wardana, Sekda Kabupaten Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya, pejabat Pemkot Denpasar, LVRI, organisasi kepemudaan, ormas, TNI, Polri dan lainnya.

Sekda Denpasar, AAN Rai Iswara mengatakan semangat perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan diharapkan dapat menjadi inspirasi generasi penerus bangsa untuk berjuang mengisi kemerdekaan. “Para generasi muda memiliki kewajiban bersama-sama meneruskan perjuangan para pejuang agar bangsa Indonesia bisa mewujudkan bangsa yang sejahtera, adil dan makmur,” kata Rai Iswara.

Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan nilai-nilai kepahlawanan yang digelorakan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai diharapkan dapat memberi vibrasi kepada semua untuk tulus mengabdi dengan berbagai profesi apapun di dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara Kabag Kesra Pemkot Denpasar, Raka Purwantara mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Puputan Margarana ke-72. Pemkot Denpasar menerima kirab panji-panji pahlawan dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Gianyar. Setelah itu dilanjutkan dengan napak tilas yang diikuti 16 regu dari SMA/SMK se-Kota Denpasar  dimulai dari Depan Puri Agung Kesiman dan berakhir di Wantilan Pura Desa Pakraman Peguyangan. *mi

Komentar