nusabali

Dinas LHK Badung Benahi Taman Ikon

  • www.nusabali.com-dinas-lhk-badung-benahi-taman-ikon

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Badung menata tiga taman besar yang menjadi ikon Kabupaten Badung menjadi kerbelas internasional.

MANGUPURA, NusaBali
Tiga taman yang kini tengah digarap oleh Dinas LHK Badung adalah taman Simpang Dewa Ruci, Taman Monumen Bom Bali (Ground Zero), dan Taman Satria Gatot Kaca.  Kadis LHK Badung I Putu Eka Merthawan mengatakan kini yang sudah mulai ditata adalah taman di Simpang Dewa Ruci. Penataan taman yang berada di lintasan underpass ini didesain mengadopsi penataan taman bunga terbesar di Dubai, Uni Emirat Arab. Penataan ini agar taman yang berada di daerah strategis yang dapat dilihat banyak orang itu tampak berbeda dari taman lainnya.

“Kami bersama desainer mengadopsi penataan taman bunga yang ada di Dubai. Model taman yang ada di Dubai itu ditampilkan di Taman Simpang Dewa Ruci,” kata Merthawan, Selasa (20/11).

Dikatakan konsep penataannya lebih sederhana karena ukutan tamannya kecil. Dalam penataan ini pihaknya menampilkan sisi yang berbeda. Lighting dan air mancurnya berbeda dengan yang di Dubai. Selain penataan lampu, pada taman itu dilengkapi dengan beberapa patung seperti patung burung dan siput. Selanjutnya pada taman itu akan ditanami bunga matahari.

Penataan taman Simpang Dewa Ruci tidak ditata untuk selfie. Dia mengaku penataan itu hanya untuk mempercantik ikon tersebut. “Kalau dijadikan tempat selfie tidak memungkinkan. Nyeberangnya menuju taman susah dan berbahaya, karena posisinya berada pada jalur lintasan kendaraan kecepatan tinggi. Tetapi kalau ada yang mau selfie, ya silakan saja,” tuturnya.

Penataan yang sama juga dilakukan di taman Monumen Ground Zero dan patung Satria Gatot Kaca. Ke depan kalau Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai sudah diserahkan kepada pemkab, akan dibangun air mancur ukuran besar di sana. “Yang diutamakan sekarang adalah penataan taman di patung Dewa Ruci. Karena taman tersebut berada pada posisi strategis. Di tempat lain juga nanti akan dilakukan penataan serupa. Tiga ikon ini merupakan yang terbaik di Badung,” kata Merthawan. *po

Komentar