nusabali

Jelang HUT Tabanan, Lalin dari Utara Dialihkan

  • www.nusabali.com-jelang-hut-tabanan-lalin-dari-utara-dialihkan

Jelang HUT ke–525 kota Tabanan, arus lalu lintas (lalin) dari jalur utara (Penebel) menuju kota Tabanan akan dialihkan selama empat hari.

TABANAN, NusaBali
Pengalihan arus akan diberlakukan pada 26 – 29 November nanti. Pengalihan akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap I dari jalur utara (Penebel) menuju kota Tabanan dialihkan menuju Jalan Danau Toba tembus di simpang Sakenan. Untuk pengalihan tahap I berlangsung pada 26 – 28 November. Dan tahap II pada 29 November 2018 yang merupakan puncak perayaan HUT kota Tabanan akan diberlakukan jalur dari utara (Penebel) menuju kota Tabanan melewati simpang Lapas Tabanan dialihkan ke barat dan ke Jalan Kaswari. Sebab Jalan Kaswari akan diberlakukan dua arus.

Kepala Dinas Perhubungaan Tabanan I Made Agus Hartawiguna, menjelaskan pengalihan arus lalu lintas dilakukan selama penyelenggaraan Tabanan Fiesta 2 Kecamatan Tabanan dan Puncak HUT ke–525 kota Tabanan. Karena perayaannya nanti akan digelar di areal panggung Garuda Wisnu Serasi, Taman Kota, dan Gedung Kesenian I Ketut Maria.

“Pengalihan jalur ada dua tahap. Tahap pertama  arus lalu lintas dari arah Penebel dialihkan menuju Jalan Danau Toba yang tembus di simpang Sakenan. Dan tahap kedua pada 29 November dialihkan ke barat di Simpang Lapas Tabanan melewati Jalan Kaswari yang akan diberlakukan dua arah,” jelas Agus, Kamis (22/11).

Menurutnya, dengan melakukan pengalihan arus lalu lintas tersebut akan bisa mengantisipasi terjadinya kemacetan, sehingga semua dapat berjalan dengan baik, baik masyarakat dalam melakukan aktivitas berlalulintas  maupun pelaksanaan HUT ke-525 kota Tabanan.

“Pengalihan lalu lintas ini akan tetap kami pantau dengan satuan lalu lintas,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Tabanan I Putu Dian Setiawan, menambahkan pemberitahuan adanya pengalihan lalu lintas dimaksudkan agar masyarakat sejak awal mendapatkan informasi tentang adanya pengalihan arus lalu lintas.

“Pemberitahuan pengalihan lalu lintas adalah sebagai bentuk permakluman bagi pengguna jalan yang melewati jalur kota. Karena selama penyelenggaraan HUT kota tentu kenyamanan dalam berlalu lintas sedikit terganggu,” katanya.

Dian Setiawan juga mengimbau kepada masyarakat pemakai jalan yang melewati jalur yang dialihkan untuk berhati-hati, mematuhi rambu-rambu dan petunjuk petugas yang ada di lapangan. “Imabauan ini demi keselamatan dan kenyamanan bersama,” ucapnya.

Dian Setiawan juga menginformasikan kepada masyarakat terkait agenda perayaan HUT kota Tabanan. Dijelaskan untuk perayaan Tabanan Fiesta 2 Kecamatan Tabanan pada 26 November akan dimeriahkan dengan berbagai lomba, pentas seni, dan penampilan Bondres Celekontong Mas. Pada 27 November diisi dengan lomba-lomba dan Grand Final Jegeg Bagus Tabanan.

Sedangkan pada 28 November akan ada parade musik pop Bali, fragmen tari, dan penampilan Bondres Gebeh Cakepluk bersama Cedil dan kawan-kawan. “Puncak perayaan HUT kota Tabanan akan dimeriahkan dengan festival kuliner dan UKM, lelang kasih, pentas seni, dan hiburan serta pementasan kolosal Sanggar Hari Dwipa dengan Celekontong Mas,” tandasnya. *de

Komentar