nusabali

Suami Maoton, Bupati Pimpin Magibung

  • www.nusabali.com-suami-maoton-bupati-pimpin-magibung

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, memimpin acara magibung di kediamannya, Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (22/11).

AMLAPURA, NusaBali
Acara magibung ini digelar untuk peringati otonan (hari kelahiran berdasarkan penanggalan Bali, 210 hari sekali) suami Bupati Mas Sumatri, I Gusti Made Tusan.

Sebelum magibung, diawali menggelar upacara otonan di merajan dipuput Ida Pedanda Istri Rai dari Gria Kemenuh, Banjar Gria, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem. Selanjutnya menggelar acara magibung (makan bersama secara lesehan), setiap kemasan gibungan terdiri dari satu gepok nasi dan satu kemasan lawar beserta satu ikat sate disantap bersama. Tercatat sebanyak 12 gibungan dihidangkan, per gibungan atau satu sela disantap 6 orang. “Ini bentuk rasa syukur karena telah dikaruniai umur panjang. Gibungan yang kita nikmati sebagai anugerah Sang Maha Pemurah,” jelas Bupati Mas Sumatri.

Sebagai umat Hindu, kata Bupati Mas Sumatri, agar tak henti-hentinya berdoadan berjuang, dengan harapan dikaruniai keselamatan lahir dan bathin. Setelah anugerah itu didapatkan secara tidak langsung mampu melakukan aktivitas untuk mengisi pembangunan di segala bidang. Sebab, modal utama pembangunan adalah kesehatan, modal lainnya adalah sumber daya manusia.

I Gusti Made Tusan juga mensyukuri atas anugerah Ida Sang Hyang Widhi. Di usianya 70 tahun, masih tetap mampu beraktivitas, turut aktif ambil bagian membangun Karangasem. “Makanya kami mensyukuri telah dikaruniai umur panjang melalui upacara otonan, yang merupakan hari kelahiran,” jelas suami Bupati Karangasem, yang lebih dikenal dengan sebutan GMT alias Gusti Made Tusan. *k16

Komentar