nusabali

Kasek SLB Tetap Digantikan Plt

  • www.nusabali.com-kasek-slb-tetap-digantikan-plt

Pergantian jabatan Kepala Sekolah SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri Karangasem masih berstatus pelaksana tugas (plt).

AMLAPURA, NusaBali
Sebelumnya dijabat Plt I Made Puri Suastika kini digantikan Plt Kasek I Wayan Artana. Serah terima jabatan Plt Kasek berlangsung di aula SLB Negeri Karangasem, Lingkungan Karangsokong, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Kamis (22/11).

I Made Puri Suastika menjabat sebagai Plt Kasek SLB Negeri Karangasem merangkap sebagai Kepala UPT Disdikpora Bali di Karangasem. Ia menjabat sejak Senin (5/2) lalu. Jabatannya dihentikan sehubungan yang bersangkutan telah pensiun per 22 November 2018. Sehingga jabatan itu dirangkap I Wayan Artana yang juga Kasek SMKN Amlapura.

Wayan Artana memimpin SLB Negeri Karangasem dengan siswa SD Luar Biasa Negeri sebanyak 87 siswa, SMP Luar Biasa 24 siswa, dan SMA Luar Biasa 21 siswa. Siswa SD terbagi untuk kelompok C1 tuna grahita dan kelompok C tuna grahita berat. Justru yang paling berat tugas guru adalah mengajar siswa dari kelompok autis. Kelas I sebanyak 2 siswa, kelas II 1 siswa, kelas III 2 siswa, kelas IV 1 siswa, kelas V nihil, dan kelas VI 2 siswa.

Usai serah terima jabatan, Wayan Artana langsung melakukan kunjungan keliling areal sekolah. Pantauannya di seluruh ruang kelas, ruang tata usaha, ruang bermain, mess, dapur, kebun, hingga kondisi di belakang sekolah. Ia juga menanyakan suplai air jika siswa berkebun. Sebab, di belakang sekolah masih ada lahan cukup luas yang selama ini dimanfaatkan untuk bertanam singkong. “Ternyata ruang mess, tempat tidur, dan ruang makan, sangat bersih dan rapi. Berarti anak-anak di sini telah biasa mandiri,” kata Wayan Artana.

Meski tugas pokoknya di SMKN Amlapura, Wayan Artana diharapkan agar lebih optimal di SLB Negeri Karangasem. Sebab antara SMKN Amlapura dengan SLB Negeri Karangasem satu jalur dan lokasinya berdekatan terpaut jarak sekitar 1 kilometer. Hanya satu hal yang belum dipahami Wayan Artana, bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan siswa berkebutuhan khusus tersebut. *k16

Komentar