nusabali

SDN 1 Selat Jaring Siswa Berbakat Melukis

  • www.nusabali.com-sdn-1-selat-jaring-siswa-berbakat-melukis

SD Negeri 1 Selat di Banjar Selat Kelod, Desa/Kecamatan Selat, Karangasem tengah menjaring siswa yang memiliki bakat melukis.

AMLAPURA, NusaBali
Pesertanya dari kelas I hingga kelas VI sebanyak 40 siswa. Mereka diberikan pendidikan khusus, dijadikan satu kelas dalam program ekstrakurikuler di luar jam pelajaran. Pembinanya Wayan Nurasa, yang juga guru SMAN Selat didampingi guru SDN 1 Selat Ni Gusti Agung Dewi Antari.

Kasek SDN 1 Selat, I Gusti Ngurah Mudiarsa, mengatakan program ekstrakurikuler melukis di SDN 1 Selat telah lama berlangsung. Digelar setiap Rabu pukul 15.00 Wita-17.00 Wita. “Dari tahun ke tahun minatnya cukup banyak, kami hanya melanjutkan program itu,” katanya, Rabu (23/11). Makanya, di setiap ada lomba melukis tidak kesulitan mengirim peserta. Sebab banyak anak yang berbakat dan sering juara.

Misalnya alumnus SDN 1 Selat yang kini siswi kelas IX/a SMPN 2 Selat, Ni Nengah Amritha Nur Maharani, dinobatkan sebagai juara nomor melukis poster FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa nasional) Tingkat Provinsi Bali 2018, dan berhak ke FLS2N Tingkat Nasional. Awalnya dibina di SDN 1 Selat, kemudian bakatnya terus dioptimalkan selama di SMPN 2 Selat.

Gusti Mudiarsa mengatakan, siswa yang terjaring yang memiliki bakat melukis menjalani latihan secara rutin. Setiap siswa wajib membawa buku gambar dan pensil warna. Setiap datang, guru pembina memberikan materi yang hendak digambar, selanjutnya hasilnya diperlihatkan dan dievaluasi. Guru pembina, Wayan Nurasa, mengatakan banyak siswa SD yang berbakat bidang seni lukis. Nurasa tak hanya membina SDN 1 Selat, juga membina di SDN 1 Duda Utara dan SDN 2 Duda. “Banyak siswa berbakat untuk dibina lebih lanjut, makanya setiap lomba melukis tingkat kabupaten, peserta dari Kecamatan Selat yang mendominasi pemenangnya,” jelas  Wayan Nurasa. *k16

Komentar