nusabali

Peran Orang Tua dalam Literasi Keluarga

  • www.nusabali.com-peran-orang-tua-dalam-literasi-keluarga

Orang tua memiliki peran penting dalam membantu anak dengan pengembangan kemampuan literasi sejak dini.

DENPASAR, NusaBali
Literasi keluarga ini juga yang menjadi perhatian khusus Kepala Sekolah TK AL Azhar Syifa Budi Bali, Mei Safita Istiasari. Menurutnya, peran orang tua sangat penting untuk meningkatkan kemampuan literasi keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat. Ini juga merupakan lingkungan pembelajaran pertama dan utama bagi anak. Sehingga kegiatan membacakan buku pada anak perlu dipupuk karena selain bisa meningkatkan minat baca pada anak juga bisa membangun kedekatan anak dan orang tua. “Membacakan buku pada anak merupakan gerakan mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat membaca pada anak,” ujar Istiasari, Minggu (25/11).

Salah satu program untuk mendukung literasi keluarga ini adalah home visit menunjungi rumah wali murid. Kegiatan ini untuk mendukung dan memotivasi dari sekolah kepada orang tua murid dengan harapan semua keluarga memiliki ruang khusus membaca yang bisa membudayakan minat baca pada anak di rumah. “Juga ada kegiatan kunjungan ke Perpustakaan Daerah Bali untuk memberikan kesempatan kepada anak mengenal jenis-jenis bacaan anak. Ini sama halnya dengan memberikan jendela ilmu karena dengan buku membentuk pengetahuan dan kepribadian yang baik bagi anak,” bebernya.

Untuk Kelompok Bermain dan TK Al Azhar Syifa Budi Bali yang beralamat di Jalan Pulau Belitung, Pedungan, Denpasar sudah menggelar Seminar Literasi Keluarga pada 2 November lalu yang diikuti orang tua murid dan undangan lainnya. Kegiatan ini sendiri sebagain tindak lanjut dari kegiatan Bimtek Literasi Keluarga tahap ke II yang digelar di Jakarta pada Oktober lalu. “Ini merupakan keberhasilan TK Al Azhar Syifa Budi Bali yang sebelumnya meraih Apresiasi Gerakan Nasional orang tua membacakan buku (Gernas Baku) sebagai perwakilan propinsi Bali,” ujarnya. *rez

Komentar