nusabali

Desa Wisata Kamasan Minim Kunjungan

  • www.nusabali.com-desa-wisata-kamasan-minim-kunjungan

Kunjungan wisatawan di Desa Wisata Kamasan, Kecamatan Klungkung, Klungkung, masih minim.

SEMARAPURA, NusaBali
Padahal Dinas Pariwisata (Dispar) Klungkung sudah memfasilitasi dua unit mini bus bagi wisatawan yang ingin mengunjungi desa ini yang satu jalur dengan paket city tour (kota wisata) Klungkung.  Hanya saja upaya itu belum membuahkan hasil maksimal. Karena selama berkunjung di objek city tour, waktu para wisatawan sangat terbatas. Kepala Dinas Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta mengatakan, Desa Wisata Kamasan merupakan salah satu pendukung objek city tour. Dispar pun menyiapkan dua unit mini bus. Apabila wisatawan yang bersangkutan ingin mengunjungi Desa Wisata Kamasan, yang sudah terkenal akan lukisan khas Wayang Kamasan ini. “Saat wisatawan berkunjung ke Klungkung, kami juga tawarkan agar mengunjungi Desa Wisata Kamasan, namun waktu mereka sangat terbatas,” ujar Sukasta, Senin (26/11).

Lebih lanjut Sukasta menjelaskan, waktu terbatas yang dimaksud yakni wisatawan tersebut mengunjungi objek city tour sudah dalam satu rombongan travel, baik dengan mobil, mini bus maupun bus. Ketika waktu kunjungan mereka sudah habis otomatis dipanggil oleh pemandunya (guide) agar kembali ke kendaraan, karena akan mengunjungi objek lain seperti ke Pura Besakih. Padahal, kata Sukasta, wisatawan itu sebenarnya tertarik untuk berkunjung ke Desa Kamasan. “Memang beberapa wisatawan yang langsung ke Desa Wisata Kamasan, namun persentasenya masih kecil,” katanya.

Kata Sukasta, Desa Wisata Kamasan ini tergolong lengkap, yaitu akses jalan sudah bagus, penginapan sudah ada, seni budaya, dan lainnya. Sukasta berharap pihak desa setempat juga mesti proaktif dalam pengembangan desa wisata ini.

Perbekel Kamasan Ida Bagus Ketut Danendra, mengatakan, dari pihak desa selama ini sudah terus berkarya terutama melukis wayang Kamasan di tempat masing-masing. Namun wisatawan yang berkunjung masih sepi. Pelukis Wayang Kamasan juga sudah diberikan ruang untuk berkarya di Kertha Gosa. *wan

Komentar