nusabali

70 Kube di Pesisir Jadi Calon Penerima Bantuan

  • www.nusabali.com-70-kube-di-pesisir-jadi-calon-penerima-bantuan

Kementerian Sosial (Kemensos) RI menurunkan tim guna memastikan kelompok usaha bersama (Kube) calon penerima bantuan untuk masyarakat miskin pesisir.

Tim Kemensos Turun di Buleleng

SINGARAJA, NusaBali
Di Buleleng ada 70 Kube calon penerima bantuan dari Kemensos RI yang tersebar di Kecamatan Tejakula dan Kecamatan Gerokgak.

Rencananya, bantuan akan ditransfer ke rekening masing-masing Kube dalam minggu ini. “Ya tim dari Kemensos RI sudah mengecek kesiapan Kube di dua kecamatan sejak Senin (26/11). Hasilnya, semua Kube memenuhi syarat dan dana bantuan itu sudah siap ditransfer dalam minggu ini,” terang Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Buleleng, Nyoman Mariani Febrianti, Selasa (27/11).

Disebutkan, tim dari Kemensos RI dipimpin oleh staf Direktorat Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI, Surandi, bersama Operator Data Dit PFM, PPK, dan PAN, Haris Johan Mardika. Tim langsung memonitoring dan mengevaluasi Kube calon penerima bantuan di Kecamatan Tejakula dan Gerokgak. “Jumlah calon penerima bantuan itu ada 70 Kube, masing-masing 40 Kube di Gerokgak dan 30 Kube ada di Tejakula,” kata Mariani.

Kube tersebut dibentuk oleh masyakat kurang mampu yang tinggal di daerah pesisir. Masing-masing Kube terdiri dari 10 KK. Mereka membentuk KUBE dengan berbagai usaha, seperti pelihara ternak babi, kambing dan lainnya.  Masing-masing Kube mendapat bantuan dari Kemensos sebesar Rp 25 juta. “Dana yang di berikan di kelola langsung oleh anggota kube itu sendiri, sesuai dengan kesepakatan masing-masing anggota Kube, entah di belikan babi atau kambing, “ katanya.

Lebih lanjut, Mariani mengatakan selain bantuan untuk dana kube Kemensos juga memberikan bantuan dana untuk saluran lingkungan (Sarling) yang berupa pembuatan selokan dan MCK (mandi, cuci, dan kakus) dengan dana sebesar Rp 150 juta. Dana sarling di berikan sesuai permohonan dari masing – masing Kube. Hanya saja, yang mendapatkan sesuai permohonan adalah Kube di Kecamatan Gerokgak. “Sarling  itu berupa pembuatan got dan MCK, yang didapat dimanfaatkan oleh warga sekitar yang dimohon oleh Kube setempat,” ujarnya.

Mariani berharap dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat  dan upaya Dinsos Buleleng melalui Kube diharapkan mampu mengurangi jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Buleleng. *k19

Komentar