nusabali

Barca Datangi PSV tanpa Suarez

  • www.nusabali.com-barca-datangi-psv-tanpa-suarez

Catatan tandang belum ciamik ditambah badai cedera membuat Barcelona mendapat tantangan berat di kandang PSV.

BARCELONA, NusaBali
Barcelona telah lolos ke babak 16 besar Liga Champions  sebagai wakil Grup B. Bahkan hasil imbang atas tuan rumah PSV Eindhoven pada matchday 5 di Philips Stadion, Rabu (28/11) atau Kamis (29/11) dini hari WITA, sudah cukup mengantar sebagai juara grup. Dengan catatan  Inter Milan tidak mengalahkan Tottenham Hotspurs.

Barcelona yang saat ini mengumpulkan 10 poin dari empat laga memimpin tiga poin dari Inter Milan. Tapi nama besar Barcelona tetap saja tak layak untuk kehilangan poin di kandang PSV. Tantangan Barca lebih pada badai cedera yang melanda skuad asuhan Ernesto Valverde. Satu per satu pemain Barcelona tumbang. Setelah Rafinha dan Sergi Roberto menderita anterior cruciate ligament dan cedera hamstring saat tampil melawan Atletico Madrid di Wanda Metropolitano akhir pekan lalu, kini giliran Luis Suarez mengalami cedera lutut.

Suarez dipastikan melewatkan dua pekan akibat cedera tersebut. Mantan bintang Liverpool itu absen saat Barcelona dijamu PSV Eindhoven  Suarez memainkan pertandingan penuh saat ditahan 1-1 melawan Atletico. Dia akan menjalani perawatan stem-cell untuk mengatasi masalah di lutut kanannya. Pemain berusia 31 tahun itu kemungkinan absen sampai setelah derby melawan Espanyol di LaLiga pada 8 Desember.

Cederanya Suarez menambah daftar panjang pemain Barca yang masuk ruang perawatan. Penjaga gawang asal Belanda, Jasper Cillessen, juga absen hingga tiga pekan setelah bermasalah pada pahanya dalam latihan hari Sabtu lalu. Arthur, yang terlibat selama 80 menit melawan Atletico, juga keluar dari perjalanan ke Eindhoven, setelah menderita ketegangan adduktor. Sementara Rafinha absen hingga akhir musim, dan Thomas Vermaelen serta Sergi Samper absen panjang. Beruntung Ivan Rakitic dan Philippe Coutinho kembali dalam skuat Ernesto Valverde.

Dari tujuh pertandingan yang gagal dimenangi Barcelona sepanjang musim ini, empat di antaranya dipetik saat bermain tandang. Dari empat laga itu, Los Cules memetik tiga hasil imbang dan sekali kalah. Barcelona berimbang kontra Valencia, Inter Milan, dan Atletico Madrid, juga kalah dari Leganes. Sementara di kandang, Barcelona ditahan Girona, Athletic Bilbao, dan kalah dari Real Betis.

Gelandang Barcelona Sergio Busquets menyebut timnya belum sampai di level yang diinginkan saat bermain tandang. Laga melawan PSV pun jadi momentum untuk membangun kepercayaan diri. "Kami menjalani satu pekan yang buruk pada laga melawan Girona, Leganes, dan Athletic, dan kami membayar untuk itu. Kami belum sesolid dan seefektif yang kami inginkan saat bertandang," ujarnya dikutip Marca.

Sementara itu ketatnya persaingan di Liga Champions membuat pelatih Juventus Massimiliano Allegri sadar diri. Ia tak mau jemawa kalau anak asuhnya bisa jadi kampiun musim ini dan lebih menjagokan Barcelona yang bakal angkat trofi di partai puncak. Saat ini Juventus tengah berkutat dengan ketatnya jadwal, baik di Serie A Liga Italia dan Liga Champions. Meski peluang Si Nyonya Tua terbuka untuk lolos ke fase knock out setelah menjadi pimpinan klasemen sementara Grup H, Allegri tetap mewaspadai semua lawan termasuk Valencia yang saat berita ini diturunkan masih diladeni di Allianz Stadium, Rabu (28/11) dinihari WITA tadi. *

Komentar