nusabali

GenRe Tekan Angka Pernikahan Dini

  • www.nusabali.com-genre-tekan-angka-pernikahan-dini

Program Generasi Berencana (GenRe) bentukan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Buleleng, terus digalakkan ke desa-desa.

SINGARAJA, NusaBali
Melalui kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) ini diharapkan mampu menekan angka pernikahan dini di Buleleng yang masih tinggi.  Menurut data Dinas PPKBP3A Buleleng, di tahun 2017 tercatat dari seribu kelahiran, 40 di antaranya dilahirkan oleh ibu usia remaja. Meski angka tersebut sudah menurun jika dinadingkan dengan tahun 2014 berjumlah 54 orang ibu melahirkan dalam usia remaja.

Kepala Dinas PPKBP3A Buleleng dr Ni Made Sukarmini, belum lama ini, mengatakan hal tersebut perlu penanganan dan perhatian khusus. Kegiatan yang dikemas secara kreatif dengan menampilkan berbagai aksi kesenian tersebut menyasar para pelajar dan masyarakat umum di wilayah barat yang tergabung dalam kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja. Pelajar yang diberikan KIE dimaksudkan  memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan para peserta tentang GenRe. "Kegiatan ini juga untuk mendiskusikan permasalahan utama yang dihadapi remaja, yaitu seks bebas, pernikahan dini, Napza, dan HIV/AIDS," ungkap Sukarmini.

Kadis yang juga berprofesi sebagai dokter ini lanjut menerangkan, bahwa saat ini Dinas PPKBP3A berusaha menggalakkan dan membangun GenRe guna menekan angka pernikahan dini di Buleleng. "Buleleng sudah memiliki Perbup tentang Gerakan Terpadu Peningkatan Kualitas Generasi Berencana atau Gardu Pentas GenRe. Tindak lanjut dari Perbup itu adalah dibentuknya kelompok PIK remaja di sekolah maupun dari masyarakat," jelas Sukarmini.

Jelas Sukarmini, sampai saat ini telah dibentuk 46 kelompok PIK remaja baik dari jalur pelajar maupun dari jalur masyarakat umum. Kelompok ini berasal dari kampung KB. Sedangkan kampung KB sendiri sudah terbentuk sejumlah 31 kelompok yang tersebar di seluruh kecamatan.

Menurut Sukarmini, menggalakkan GenRe merupakan salah satu upaya untuk menekan angka pernikahan dini masalah remaja lainnya di kalangan remaja. "Untuk itu Dinas PPKBP3A terus mendorong terwujudnya GenRe ini melalui kegiatan KIE kreatif. Dengan demikian nantinya akan terwujud keluarga sejahtera dan berkualitas," pungkas Sukarmini.

Kata dia, GenRe merupakan suatu gerakan yang dikembangkan untuk penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Dengan GenRe ini diharapkan para remaja memiliki pengetahuan tentang perilaku hidup sehat dan berakhlak, sehingga terwujud kehidupan keluarga berencana, sejahtera, dan berkualitas. *k23

Komentar