nusabali

Tujuh Tim Lolos 16 Besar

  • www.nusabali.com-tujuh-tim-lolos-16-besar

Pertarungan seru terjadi di grup F. Setelah City memastikan lolos, satu tiket lagi akan diperebutkan Olympique Lyon dan Hoffenheim.

MANCHESTER, NusaBali

Tujuh tim memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa, usai matchday ke-5 fase grup, Rabu (28/11) pagi WITA. Ketujuh tim itu adalah Bayern Muenchen dan Ajax Amsterdam dari Grup E, Manchester City (grup F),  Real Madrid dan AS Roma (grup G), serta Juventus dan Manchester United (Grup H).

Pertarungan seru terjadi di grup F. Setelah City memastikan lolos, satu tiket lagi akan diperebutkan Olympique Lyon dan Hoffenheim. City  memastikan lolos, usai mengimbangi Olympique Lyon 2-2, di Stadion Groupama, Lyon, Prancis.

Tambahan satu poin membuat tim asuhan Pep Guardiola itu mantap di puncak klasemen Grup F dengan 10 poin, mengungguli Lyon (7) di urutan kedua. Sedangkan Lyon membutuhkan setidaknya satu poin lagi untuk meraih tiket ke 16 besar.

Di grup F, Shakhtar Donetsk (nilai 5), membuka asa ke fase gugur usai menang 3-2 atas TSG Hoffenheim (3), di Stadion Rhein-Neckar Arena, Sinsheim, Jerman. Namun Shakhtar yang kini di peringkat ketiga, wajib menang saat melawan Lyon pada laga pamungkas, pada 13 Desember, jika ingin lolos ke 16 besar.

Sebaliknya harapan Hoffenheim bergeser ke 32 besar Liga Europa dengan syarat menang melawan City di laga pamungkas.

Sedangkan di Grup E tiket ke 16 besar dikuasai Bayern dan Ajax, usai menang atas lawan-lawannya. Bayern melibas Benfica 5-1 dan Ajax menang 2-0 atas AEK Athens. Bayern kokoh di puncak klasemen Grup E dengan 13 poin, diikuti Ajax di posisi kedua (11 poin).

Sedangkan dari grup G, dua klub ibu kota Real Madrid dan AS Roma, memastikan tiket ke fase gugur Liga Champions. Mereka memastikan langkah sebelum laga dimulai, setelah CSKA Moskow takluk 1-2 dari tamunya Viktoria Plzen.

Madrid memuncaki klasemen berkat kemenangan 2-0 di kandang Roma. Tambahan tiga poin itu membuat juara bertahan nyaman di puncak klasemen dengan 12 poin. Bagi Roma, kekalahan ini memutus catatan delapan kemenangan beruntun di kandang sendiri di kancah Eropa, dan membuatnya di peringkat kedua dengan 9 poin. Harapan CSKA ke fase gugur sirna. Namun CSKA dan Viktoria berpeluang berkompetisi di Liga Europa.

Sementara dari Grup H, Juventus dan MU dipastikan lolos ke 16 besar setelah menang pada laga penyisihan kelima masing-masing. Juventus mengalahkan tamunya Valencia 1-0 dan MU juga menang 1-0 atas BSC Young Boys.

Valencia akan melanjutkan kiprah di Eropa bergeser ke 32 besar Liga Europa dan Young Boys terhenti. Di laga pamungkas pada 13 Desember, Juventus melawat ke markas Young Boys, dan Valencia menjamu MU. *

Komentar