nusabali

Ibu 2 Anak Tumbangkan 2 Calon Perbekel Laki-laki

  • www.nusabali.com-ibu-2-anak-tumbangkan-2-calon-perbekel-laki-laki

Calon perbekel (cakel) perempuan, Ni Wayan Geria Wahyuni SPt, memenangi  Pemilihan Perbekel (Pilkel) pergantian antar waktu (PAW) Desa Lebih, Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Rabu (28/11) sore.

GIANYAR, NusaBali
Ibu dua anak yang Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Unud 2001 ini menumbangkan dua cakel laki-laki; I Wayan Wijaya ST dari Banjar Lebih Duur Kaja, dan I Made Durban Putra, dari Banjar Lebih Beten Kelod. Karena PAW, Pilkel ini dilakukan oleh 90 perwakilan masyarakat. Mereka dari tokoh agama, adat, STT, nelayan, dan lainnya. Istri Nyoman Pasek Wijaya ini meraih suara 35, disusul I Wayan Wijaya ST 26, dan I Made Durban Putra 29. Pilkel PAW ini karena Perbekel Lebih sebelumnya, I Wayan Gde Pradnyana mengundurkan diri. Sebab ia nyaleg pada Pileg 2019 untuk DPRD Gianyar dari PDIP.

Usai pemilihan, kepada NusaBali, Ni Wayan Geria Wahyuni menyakini kemenangannya karena masyarakat melalui para tokoh setempat yakin akan keseriusannya untuk memimpin Desa Lebih ke depan. Selain berbekal ijazah Sarjana Peternakan, perempuan semampai ini opitmis dapat mengkoordinasikan program pembangunan desa. Karena ia juga berbekal pengalaman menjadi Pendamping Desa di tingkat Kabupaten Gianyar.

Wahyuni mengakui tak mudah untuk meraih kepercayaan ini. Lebih-lebih, dirinya harus melawan dua cakel dari kalangan laki-laki yang tak kalah pengalaman. ‘’Sesuai visi/misi, saya akan melanjutkan program perkebel sebelumnya. Saya akan buat smart desa berbasis IT untuk mengintegrasikan program dan mengembangkan potensi desa,’’ jelasnya. Wahyuni akan menjabat Perbekel Lebih 2019- 2022.

Pj Perbekel Lebih I Gde Bagiada menyampaikan terima kasih kepada jajaran Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Gianyar, Camat Gianyar, dan pihak terkait, serta para tokoh yang telah menjalankan Pilkel ini secara demokratis dan sesuai rencana. Pikel ini juga difasilitasi oleh jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gianyar. Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas PMG Gianyar I Wayan Gde Subayasa, mewakili Plh Kepala Dinas PMD Desa Gianyar I Dewa Gde Alit Mudhiartha, mengaku bersyukur. Karena Pilkel PAW ini berlangsung lancar dan sesuai rencana. ‘’Kini kami tinggal mencari hari baik untuk pelantikan perbekel terpilih,’’ jelasnya. *lsa

Komentar