nusabali

P3AP2KB Tunggu Petunjuk Gubernur

  • www.nusabali.com-p3ap2kb-tunggu-petunjuk-gubernur

Jika satu keluarga punya anak lebih dari dua orang, maka kehidupan anak harus terjamin secara finansial.

Gianyar Siap Terapkan KB Model Bali

GIANYAR, NusaBali
Gubernur Bali I Wayan Koster mewacanakan agar masyarakat Bali menjalankan program KB model Bali dengan empat anak (putu/gede/wayan, made/kadek, nyoman/komang, dan ketut). Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Gianyar, kini masih menunggu petunjuk pelaksana atas wacana itu.

‘’Sembari menunggu petunjuk itu, kami segera akan berkoordinasi dengan Pemprov Bali,’’ jelas Kepala P3AP2KB Gianyar,  Tjokorda Gede Bagus Lesmana Trisnu alias Cok Trisnu di Gianyar, Kamis (29/11).

Jelas dia, di Gianyar kini ada 16 Kampung KB yang siap untuk menindaklanjuti imbauan Gubernur Bali. Menurutnya, selama ini Pemkab Gianyar cukup gencar menyelenggarakan program KB hingga ke pelosok desa. Kini, Pemkab Gianyar pun harus menyiapkan langkah baru, guna menindaklanjuti imbauan. ‘’Langkah baru ini, kami masih tunggu petunjuk Gubernur Bali,’’ jelasnya.

Pejabat asal Puri Agung Peliatan, Desa Peliatan, Ubud ini tak mau menyebut ada kontradiski program antara program Kampung KB yang berorientasi dua anak cukup dengan KB Bali dengan empat anak. Hal ini, lanjut dia, masih akan dikoordinasikan ke pihak atas. " Kampung KB itu kebijakan pemerintah dan Bapak Gubernur juga perpanjangan tangan dari pemerintah, kami tunggu petunjuk lebih lanjut," ujarnya.

Terkait 16 kampung KB di Gianyar, jelas Cok Trisnu, tolak ukur penetapan desa sebagai Kampung KB yakni adanya perkembangan cakupan pemakaian kontrasepsi yang meningkat dibandingkan sebelumnya. Jelas dia, penetapan Kampung KB untuk membentuk keluarga yang berkualitas. Salah satu penentu kualitas itu pun adalah kuantitas anak dalam satu keluarga, yakni hanya dua anak. Jika satu keluarga punya anak lebih dari dua orang, maka kehidupan anak harus terjamin secara finansial. Keterjaminan itu mulai dari dalam kandungan sampai remaja dan dewasa. "Terpenting dalam Kampung KB itu merencanakan keluarga yang berkualitas. Sebenarnya tidak ada pembatasan jumlah anak, tetapi bagaimana anak itu bisa tumbuh kembang dengan berkualitas," ujarnya.

Sampati tahun 2018, desa yang dicanangkan sebagai Kampung KB antara lain Desa Lebih, Kecamatan Gianyar.

Sebelumnya, pencanangan Kampung KB dilakukan oleh Pemkab Gianyar, di Banjar Dinas Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan. Pencanangan ini berlaku serentak  kepada desa-desa sebagai Kampung KB di seluruh kecamatan di Kabupaten Gianyar. Seperti Banjar Manyar, Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Banjar Margasengkala, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh. Banjar Lokserana, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar. Banjar Dinas Saraseda, Desa/Kecamatan Tampaksiring,  Banjar Dinas Lodsema, Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud, dan Banjar/Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang. *nvi

Komentar