nusabali

Buleleng Siapkan Kebun Pisang 43 Varietas

  • www.nusabali.com-buleleng-siapkan-kebun-pisang-43-varietas

Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng berancang-ancang membangun kebun pisang dengan koleksi 43 varietas pisang yang ada di Bali.

SINGARAJA, NusaBali

Kebun pisang akan menjadi tempat edukasi bagi siswa dan mahasiswa, termasuk pembibitan untuk pengembangan. “Ide pengembangbiakan 43 varietas pisang yang ada di Bali ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, yang selama ini hanya mengetahui tak lebih dari 10 varietas pisang yang ada di Bali,“ kata Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, I Gede Subudi.

Di pasaran, masyarakat  lebih mengenal pisang ketip, pisang kayu, pisang gedang sabe yang memang memiliki nilai ekonomis dan diminati. Padahal di Bali memiliki  43 varietas pisang yang tak banyak orang tahu.  “Kebun pisang koleksi Dinas Pertanian itu akan dikembangkan di Balai Benih di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng,” sebut Subudi.

Selain untuk edukasi,  pembibitan 43 varietas pohon pisang juga akan mulai dikembangkan untuk dimasyarakatkan. Ia pun tak menampik jika ke depannya akan dilakukan budidaya salah satu varietas pisang yang belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Pada  tahun 2019, Dinas Pertanian juga berencana akan mengembangkan 50 hektare lahan pisang mas kirana. Pisang mas kirana ini diproyeksikan sebagai salah satu buah unggulan Buleleng yang dapat diekspor ke luar negeri.

Subudi mengaku sejauh ini pihaknya sudah menyiapkan sejumlah lahan tersebar di Kecamatan Kubutambahan dan Tejakula. Selanjutnya akan dilakukan pengecekan kesiapan lahan termasuk topografi lahan yang idealnya berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

“Ada beberapa lahan yang sudah siap seperti di Desa Bulian, Tunjung, Bila, Bondalem, Julah, tapi nanti akan kami lihat lagi mana yang lebih siap, karena bagusnya di tanah pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut,” kata Subudi. *k23

Komentar