nusabali

Partainya Incar 3 Kursi DPR RI, Demer Mainkan Politik Petromak

  • www.nusabali.com-partainya-incar-3-kursi-dpr-ri-demer-mainkan-politik-petromak

Golkar targetkan raih 3 kursi DPR RI Dapil Bali dalam Pileg 2019 mendatang. 

DENPASAR, NusaBali

Ketua Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Bali-NTB-NTT DPP Golkar, Gede Sumarjaya Linggih alias Demer, yang notabene caleg incumbent DPR RI Dapil Bali, pun mainkan politik Petromak untuk wujudkan target 3 kursi Senayan tersebut.

Demer mengatakan, di tengah kesibukannya sebagai anggota Fraksi Golkar DPR RI 2014-2019, dirinya selalu berada di Jakarta selama 5 hari dalam sepekan, Senin-Jumat. Sedangkan 2 hari berikutnya, Sabtu-Minggu, turun ke Dapil Bali untuk berburu suara pemilih.

Menurut Demer, pihaknya hidupkan sel-sel baru untuk menancapkan dukungan dan basis suara untuk Pileg 2014. “Ya, ibarat lampu Petromax, pompa lagi supaya menyala. Kalau Petromak sudah menyala, laron-laron itu akan datang lagi. Kita turun ke basis suara, temui mereka. Kita kan juga banyak bawa program, kita cek program-program pusat itu di daerah,” jelas Demer dalam keterangan persnya di Denpasar, Minggu (2/12).

Hanya saja, Demer tidak mau membocorkan peta dukungannya dalam Pileg 2019 mendatang. Dia juga enggan merinci di mana saja basis massa yang digarap dan dipompa. Yang jelas, kata Demer, dirinya terjun ke 9 kabupaten/kota se-Bali untuk mendulang suara.

“Ya, saya turun ke seluruh kabupaten/kota. Dulu saya meraup 148.168 suara (dalam Pileg 2014, Red). Target untuk Pileg 2019, tentu suara saya bisa bertambah,” tandas politisi Golkar asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng yang sudah tiga periode duduk di DPR RI Dapil Bali ini.

Demer menegaskan, Golkar incar 3 kursi DPR RI Dapil Bali dalam Pileg 2019 mendatang. Sedangkan dalam Pileg 2014 lalu, Golkar hanya meraup 2 kursi DPR RI Dapil Bali, sama seperti hasil Pileg 2009. Dua (2 kursi) tersebut masing-masing direbut Demer (asal Buleleng) dan AA Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi (kader Golkar asal Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, Badung).

Dua (2) dari 3 kursi DPR RI Dapil yang diincar Golkar dalam Pileg 2019, diharapkan direbut kembali oleh Demer dan Gus Adhi selaku incumbent. Sedangkan tambahan 1 kursi DPR RI Dapil Bali lainnya diharapkan Golkar bisa direbut antara Ketut Sudikerta (Ketua DPD I Golkar Bali yang mantan Wakil Gubernur Bali 2013-2018), I Wayan Geredeg (kader asal Badung mantan Ketua DPD II Golkar Karangasem yang juga eks Bupati Karangasem dua periode), serta deretan caleg lainnya termasuk I Made Wijaya (politisi Golkar asal Klungkung).

“Kalau dalam Pileg 2014 dapat 2 kursi DPR RI Dapil Bali, Golkar targetkan bisa raih 3 kursi di Senayan saat Pileg 2019 mendatang. Untuk meraih 3 kursi DPR RI Dapil Bali itu, kita harus kerja habis-habisan,” papar Demer.

Bukan hanya Golkar yang targetkan tambah kursi DPR RI Dapil Bali dalam Pileg 2019. PDIP juga incar 5 kursi DPR RI Dapil Bali, dari semula 4 kursi hasil Pileg 2014. PDIP berharap 3 kursi DPR RI Dapil Bali berhasil dipertahankan trio incumbent: I Made Urip (asal Tabanan), I Gusti Agung Rai Witajaya (asal Denpasar), dan I Gusti Agung Putri Astrid Kartika (asal Badung). Sedangkan tambahan 2 kursi DPR RI Dapil Bali lagi diharapkan PDIP bisa direngkuh antara Ketut Kariyasa Adnyana (new comer asal Buleleng), I Nyoman Parta (new comer asal Gianyar), I Wayan Sudirta (new comer asal Karangasem) dan caleg lainnya.

Sedangkan Demokrat berharap naikkan perolehan 2 kursi DPR RI Dapil Bali hasil Pileg 2014. Setidaknya, Demokrat target pertahankan 2 kursi Senayan yang kini diduduki Ni Putu Tutik Kusuma Wardhani (Srikandi Politik asal Singaraja, Buleleng) dan Putu Supadma Rudana (politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar yang juga Wakil Sekjen DPP Demokrat).

“Saya dengar, Gerindra juga pasang target naik dari 1 kursi menjadi 2 kursi DPR RI Dapil bali. Nah, kami Demokrat ya tentu ingin minimal mempertahankan 2 kursi yang sudah diduduki sejak Pileg 2004,” ujar Supadma Rudana kepada NusaBali secara terpisah, beberapa waktu lalu.

Secara terpisah, Ketua DPD Gerindra Bali IB Putu Sukarta alias Gus Sukarta mengatakan partainya target kenaikan perolehan kursi 100 persen dalam Pileg 2019 mendatang. Menurut Gus Sukarta, Gerindra incar 2 kursi DPR RI Dapil Bali, dari semula hanya kebagian 1 kursi hasil Pileg 2014.

“Kalau bicara target, tentu kita ingin menang Pileg 2019 dan Pilpres 2019. Untuk di Bali, kami memiliki target kenaikan suara 100 persen,” tegas Gus Sukarta, satu-satunya anggota Fraksi Demokrat DPR RI Dapil Bali hasil Pileg 2014.

Gus Sukarta menyebutkan, Pileg 2019 memang jadi pertarungan krusial di mana seluruh partai target ada penambahan kursi. “Kita harus jawab dengan kerja keras, kita juga memasang caleg-caleg terbaik dari unsur incumbent dan tokoh masyarakat yang memiliki basis suara di akar rumput,” jelas politisi Gerindra asal Griya Buruan Sanur, Denpasar Selatan yang juga mantan Wakil Ketua DPRD Bali 2009-2014 ini. *nat

Komentar