nusabali

9 Guru Berprestasi Raih Penghargaan

  • www.nusabali.com-9-guru-berprestasi-raih-penghargaan

"Kita mesti bangga memiliki pendidikan yang andal, profesional dan berprestasi. Guru tersebut yang telah mampu menjabarkan delapan standar pendidikan, niscaya Karangasem semakin maju dan bermartabat,"

Bupati Karangasem juga Serahkan Tali Kasih untuk 25 Guru

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 9 guru senior berprestasi meraih penghargaan memperingati Hari Guru dan HUT ke-73 PGRI, digelar PGRI Cabang Kecamatan Karangasem di GOR Gunung Agung Amlapura, Jalan Untung Surapati Amlapura, Sabtu (1/12). Penghargaan 9 guru dan pemberian tali kasih untuk 25 guru yang purnatugas diserahkan Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Sebanyak 9 guru yang meraih penghargaan itu, selama ini telah mengharumkan nama Karangasem melalui pengabdian di lembaga pendidikan, baik di Tingkat Provinsi Bali maupun Tingkat Nasional.

Bahkan prestasi dicatat sejumlah guru tersebut, terbilang konsisten, mampu mengungguli guru-guru berpengalaman dari daerah lain. "Kita mesti bangga memiliki pendidikan yang andal, profesional dan berprestasi. Guru tersebut yang telah mampu menjabarkan delapan standar pendidikan, niscaya Karangasem semakin maju dan bermartabat," jelas Bupati Mas Sumatri dalam sambutannya di hadapan 788 anggota PGRI se-Kecamatan Karangasem.

Sebanyak 9 guru berprestasi dapat penghargaan dari PGRI Karangasem: I Putu Sudibawa juara I Karya Tulis Tingkat Nasional, Ketut Suparjana Kasek SMP berprestasi Tingkat Provinsi Bali, Dewa Ayu Anom Pratiwi juara III Guru TK Tingkat Nasional, Ni Nyoman Diari peraih Trofi Widya Kusuma 2018, I Wayan Artana peraih Trofi Widya Kusuma 2018, Ngakan Putu Suarjana peraih Trofi Widya Kusuma 2018, Dewa Gede Adnyana peraih Trofi Widya Kusuma 2018, Ida Bagus Nyoman Japa pengawas terbaik Tingkat Provinsi Bali 2018 dan I Made Regeg juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional 2018.

"Mereka yang meraih gelar juara itulah, pahlawan kita. Pahlawan bangsa yang telah mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. Masa depan bangsa ini ada pada kalangan guru," jelasnya.

Sedangkan bagi guru yang telah memasuki purnatugas, katanya, segenap warga masyarakat Karangasem mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama mini. "Sepenuh waktu mengabdikan diri untuk kemajuan pendidikan, hingga memasuki purnatugas," tambah Bupati Mas Sumatri.

Tercatat sebanyak 25 guru di Kecamatan Karangasem yang memasuki purnatugas, dapat tali kasih, sebagai bentuk ucapan terima kasih. Tiap guru diberikan dana tali kasih Rp 1,11 juta. Sedangkan di Karangasem sebanyak 92 guru telah memasuki purnatugas, berarti sebanyak itu pula kekurangan guru.

Dari 25 guru itu di antaranya: I Wayan Sudiana petugas Disdikpora Karangasem, I Made Diartha petugas Disdikpora Karangasem, I Wayan Tangkas pengawas Disdikpora Karangasem, Abdul Karim mantan guru SDN 3 Tumbu, I Nengah Sukarta mantan guru SDN 3 Bukit, I Wayan Warka mantan guru SDN 2 Seraya Barat dan yang lain-lainnya.

"Memang paling banyak guru memasuki purnatugas di Kecamatan Karangasem," ujar Ketua PGRI Kecamatan Karangasem I Nyoman Mertha. Hadir di acara penyerahan tali kasih Staf Ahli Bupati I Wayan Sutapa, Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, Ketua PGRI Karangasem I Gede Ariyasa dan undangan lainnya. *k16

Komentar