nusabali

KUD Tamanbali Sewakan Mesin Penggilingan Padi

  • www.nusabali.com-kud-tamanbali-sewakan-mesin-penggilingan-padi

Terbukti, KUD Tamanbali sampai sewakan alat penggilingan padi kepada pihak ketiga. Alasannya, mesin penggilingan padi sempat rusak dan tidak ada biaya perbaikan.

BANGLI, NusaBali
 Pihak ketiga akhirnya yang memperbaiki sekaligus mau menyewa mesin penggilingan padi tersebut.

Menurut warga di Tamanbali, KUD Tamanbali sudah beberapa kali ganti kepengurusan. Hanya saja KUD Tamanbali tidak ada perkembangan. Pada masa jaya, KUD mampu membeli gabah petani, selanjutnya digiling dan beras diedarkan keliling Bangli. Saat ini, KUD justru menyewakan mesin penggilingan padi. “Penggilingan padi sempat rusak sekitar enam bulan lalu. Petani membutuhkan penggilingan tersebut. Karena tidak ada dana, mesin dibiarkan rusak,” ungkap warga, Minggu (2/12).

Mengingat mesin penggilingan padi sangat dibutuhkan petani, warga berinisiatif menyewa mesin tersebut. “Karena tidak ada dana terpaksa disewakan agar mesin penggilingan bisa difungsikan kembali,”  jelasnya. Diduga, terpuruknya KUD Tamanbali akibat kesalahan manajemen. “Barang-barang KUD banyak yang terjual, anak timbangan pun sudah tidak ada,” imbuhnya. Dia berharap KUD Tamanbali bisa bangkit kembali. Manajer KUD Tamanbali, Jro Mangku Dalam Made Sugandia, belum bisa diminta keterangan. *es

Komentar