nusabali

Bupati dan Kadiskes Cek Pembangunan Puskesmas Kubu II

  • www.nusabali.com-bupati-dan-kadiskes-cek-pembangunan-puskesmas-kubu-ii

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Kepala Dinas Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama mengecek pembangunan Puskesmas Kubu II di Banjar Eka Adnyana, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu, Karangasem, Senin (3/12).

AMLAPURA, NusaBali
Rehab bangunan itu untuk ruang rawat jalan agar lebih representatif memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sumber biaya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 3,129 miliar untuk bangunan sub bidang pelayanan dasar.

Bupati Mas Sumatri mengingatkan petugas Puskesmas Kubu II, Kadiskes I Gusti Bagus Putra Pertama, dan yang lainnya mengupayakan agar masyarakat yang datang merasa nyaman dan dapat pelayanan optimal. Dengan melihat bangunan yang asri, membuat masyarakat yang datang betah menunggu giliran untuk menjalani pengobatan. Sedapat mungkin agar status Puskesmas bisa ditingkatkan jadi pelayanan rawat inap. Sehingga pasien dengan penyakit tertentu bisa mendapatkan penanganan lebih intensif di Puskesmas Kubu II.

Kadiskes Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan status Puskesmas belum bisa ditingkatkan. Sebab fasilitas untuk rawat inap belum ada dan petugas medis yang diperlukan belum memadai. “Terpenting Puskesmas yang selama ini tidak melayani rawat inap telah memberikan pelayanan 24 jam, termasuk pelayanan di hari Minggu,” kata Gusti Putra Pertama.

Sebelumnya Puskesmas tanpa melayani rawat inap hanya melayani pasien rawat jalan sebatas jam kantor. “Itu artinya telah ada kemajuan dari segi pelayanan di Puskesmas yang tanpa melayani rawat inap, tetapi pelayanan rawat jalan telah ditingkatkan pelayanannya jadi 24 jam,” tambah Gusti Putra Pertama. Ia mengaku telah mengecek keliling di 6 Puskesmas yang tidak melayani rawat inap, telah menjalankan pelayanan 24 jam sejak Sabtu (1/12).

Enam Puskesmas yang tak melayani rawat inap tetapi membuka pelayanan 24 jam yakni Puskesmas Kubu II, Puskesmas Abang I, Puskesmas Karangasem I, Puskesmas Bebandem, Puskesmas Manggis II, dan Puskesmas Sidemen. Sedangkan enam Puskesmas melayani rawat inap yakni Puskesmas Kubu I, Puskesmas Abang II, Puskesmas Karangasem II, Puskesmas Manggis I, Puskesmas Selat, dan Puskesmas Rendang. *k16

Komentar