nusabali

Ada 'Tangga Berbisik' di RSUD Mangusada

  • www.nusabali.com-ada-tangga-berbisik-di-rsud-mangusada

Cara unik dilakukan manajemen RSUD Mangusada, Badung, supaya pasien atau masyarakat aktif berjalan.

MANGUPURA, NusaBali
Salah satunya dengan membubuhkan tulisan-tulisan menggelitik di tiap anak tangga. Oleh pihak rumah sakit, tulisan-tulisan itu disebut ‘tangga berbisik.’

Tulisan-tulisan di anak tangga di RSUD Mangusada bermacam-macam, ada tulisan pantun, ada juga tulisan pesan-peran moral yang tentu positif. Misalkan, tulisan seperti Naik Lift Gendut, Naik Turun Tangga Langsing, Mau?; Tubuh Sehat Awal Suksesmu; Eat, Pray, Lov, and Health, dan masih banyak lagi tulisan lainnya.

Sementara untuk pantun, salah satunya adalah Ada Telaga di Kereta, Mata Terjaga Hati Tertata; Pergi ke Garut Naik Minibus, Singgah ke Glodok Eh Kena Tilang, Biar Gendut Ataupun Kurus, Jangan Merokok Ntar Cakepnya Hilang.

Namun, belum semua anak tungga berisi tulisan. Sebab, baru di Gedung Paviliun Mangusada saja. Anak tangga di gedung yang lain rencananya baru diprogramkan pada tahun 2019 mendatang. “Ini sebetulnya cara kami supaya pasien atau masyarakat aktif berjalan, tidak harus menggunakan lift. Jadi kan lebih sehat,” kata Dirut RSUD Mangusada, dr I Nyoman Gunarta, Selasa (4/12) kemarin.

Gunarta pun tidak menyangka, tulisan-tulisan ini mendapat respons luar biasa masyarakat. Tak heran, kata dia, kini banyak yang lebih tertarik menggunakan tangga ketimbang naik lift. “Ternyata banyak yang penasaran untuk naik tangga. Tangga berikutnya (tulisan) apa ya. Itu membuat orang penasaran,” terangnya.

Diakui, belum semua tangga di RSUD Mangusada bertuliskan kata-kata menggelitik. “Sekarang baru di Gedung Paviliun Mangusada. Tapi nanti kita sudah programkan semua tangga kami akan isi tulisan-tulisan,” imbuh Gunarta.

“Ke depan sudah kita rancang pula akan terus mengganti tiap enam bulan, supaya masyarakat tidak bosan,” tandas pria asal Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal ini. *asa

Komentar