nusabali

GBCI Edukasi Green Building di Fakultas Teknik Unud

  • www.nusabali.com-gbci-edukasi-green-building-di-fakultas-teknik-unud

Upaya edukasi green building atau bangunan yang didesain khusus dengan tema yang ramah lingkungan, kini gencar dilakukan di Bali.

DENPASAR, NusaBali
Salah satunya dilakukan di lingkungan kampus. Upaya edukasi ini antara lain dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Udayana pada Senin (3/12) lalu. Edukasi green building diberikan oleh Green Building Council Indonesia (GBCI) wilayah Bali, yakni sebuah lembaga yang fokus dalam mengedukasi dan mengembangkan bangunan sehat dan ramah lingkungan di Bali.

Dalam edukasi ini, mahasiswa khususnya Teknik Arsitektur Unud diberikan pemahaman tentang konsep bangunan ramah lingkungan atau green building, yang mengedepankan konsep penggunaan sumber daya bumi yang optimal dan bertanggung jawab. Para mahasiswa nantinya diharapkan menjadi praktisi bangunan ramah lingkungan di Bali.

Selain edukasi bagi mahasiswa, juga dilakukan penandatangan kesepakatan kerjasama (MoU) antara pihak Universitas Udayana dan Green Building Council Indonesia dalam penerapan dan pengembangan green building di Bali. "Kami menyambut baik upaya ini dan kami berharap konsep green building bisa diterapkan mulai dari lingkungan kampus Udayana. Program studi yang ada nantinya akan menerapkan dan mengembangkan konsep ini," ujar Rektor Universitas Udayana Prof Dr dr AA Raka Sudewi SpS (K).

Putu Agung Prianta, selaku Ketua Green Building Council Bali mengatakan, meski sudah sering disosialisasikan, namun penerapan konsep green building di Bali hingga saat ini masih kurang. "Oleh karena itu, Green Building Council Indonesia berharap adanya dukungan dari pemerintah Provinsi Bali dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang Green Building," ujarnya.

Pengurus Green Building Council Indonesia (GBCI) Perwakilan Bali, sendiri telah diresmikan di Jimbaran Hub, Jimbaran, Badung,  pada Minggu (7/5/2017). Kehadiran GBCI di Bali diharapkan akan mampu mewujudkan lebih banyak bangunan hijau atau ramah lingkungan di Bali. *isu

Komentar