nusabali

Desa Nihil Pelatihan Anggota Linmas

  • www.nusabali.com-desa-nihil-pelatihan-anggota-linmas

Akibat keterbatasan anggaran, pelatihan Petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) tidak bisa menyasar seluruh anggota di desa.

TABANAN, NusaBali
Dari Rp 40 juta anggaran setiap tahun dari APBD, hanya bisa melatih komandan Linmas masing-masing desa di Kabupaten Tabanan.

Kepala Satpol PP Tabanan I Wayan Sarba mengungkapkan memang benar anggaran Rp 40 juta belum bisa menyasar pelatihan anggota Linmas yang ada diseluruh desa. "Pelatihanya hanya bisa digelar di kecamatan pesertanya komandan Linmas di masing-masing desa," ungkapnya, Rabu (5/10).

Atas kondisi tersebut Sarba mengimbau pada masing-masing desa melakukan pelatihan anggota Linmas secara swadaya. Satpol PP siap untuk melatih. "Jadi sudah ada beberapa desa yang mengajukan, dan Satpol PP belakangan ini sudah turun jadi pelatih," akunya.

Menurut Sarba, pelatihan Linmas sangat penting. Terlebih dalam waktu dekat ada pesta demokrasi dimana Linmas mempunyai andil dalam melakukan pengawasan di masing-masing desa. Bahkan yang utama ikut menjaga keamanan desa sehingga diperlukan kesiapan fisik, mental, wawasan kebangsaan. Sarba menambahkan, Linmas di Tabanan setiap desa 32 orang atau satu pleton dari total 133 desa. Total Linmas di Tabanan 4.256 orang. *de

loading...

Komentar