nusabali

Penerima PKH di Tabanan Menurun

  • www.nusabali.com-penerima-pkh-di-tabanan-menurun

Tahun 2019, penerima Program Keluarga Harapan (PKH)  di Tabanan, menurun.

TABANAN, NusaBali

Tahun 2018 penerima PKH 10.650 jiwa,  kini turun menjadi 10.567 jiwa. Dinas Sosial Tabanan mengklaim penurunan terjadi karena ada penerima PKH sebelumnya sudah sejahtera.

Kepala Dinas Sosial Tabanan I Nyoman Gede Gunawan menjelaskan, penurunan jumlah penerima PKH karena penerima manfaat sudah sejahtera. Namun bisa saja penerima PKH ini telah mendapatkan pekerjaan tetap atau pindah alamat. "Artinya sudah ada peningkatan kesejahteraan. Ini kan bagus program pemerintah Pusat sudah mengena untuk membantu mereka yang selama ini di bawah garis kemiskinan," ujarnya, Rabu (5/12).

Kata dia, bantuan PKH sebesar Rp 1.890.000/KK per tahun dan Rp 2 juta bagi lansia di atas 70 tahun. Bantuan diterima empat kali dalam setahun, masing-masing Rp 500.000 sebanyak tiga kali dan terakhir Rp 390.000.

"Saat ini sudah masuk pencairan tahap akhir atau tahap keempat untuk bantuan tahun 2018. Sedangkan yang tahun 2019 masih dalam proses di Pusat. Kemungkinan tahap pertama Maret sudah cair," bebernya.

Menurut Gunawan, penerima PKH di Tabanan terbanyak di Kecamatan Kediri, disusul Kecamatan Pupuan, dan Kecamatan Baturiti. Tentang jumlah penerima PKH plus di Tabanan untuk lansia dan disabilitas, Gunawan mengatakan belum ada. Karena dari Pusat baru wacana. Tentu jika benar hal tersebut akan disambut baik, karena membantu warga yang keterbatasan fisik.*de

loading...

Komentar