nusabali

Rencana Kebun Raya di Kawasan Pura Dalem Balingkang

  • www.nusabali.com-rencana-kebun-raya-di-kawasan-pura-dalem-balingkang

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menindaklanjuti usulan Pemkab Bangli yang berencana mengembangkan kebun raya.

BANGLI, NusaBali
Duta LIPI, Rieke Diah Pitaloka bersama tim didampingi Bupati Bangli I Made Gianyar meninjau kawasan Pura Dalem Balingkang, Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bangli, Rabu (5/12).  

Saat survei di area Pura Dalem Balingkang, Rieke Diah Pitaloka mengaku telah jatuh cinta dengan kawasan tersebut. Menurut pemeran Oneng di sinetron Bajaj Bajuri ini kawasan Pura Dalem Balingkang mempesona. Oneng berharap kedatangannya bersama tim LIPI dapat memberikan kontribusi positif. Apa yang direncanakan Pemkab Bangli mendapat jalan kemudahan. Oneng berpendapat, makin cepat dibangun dan ditata, kawasan Pura Dalem Banglingkang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Lebih cepat tentu lebih baik,” ujarnya.

Dikatakan, kebun raya berada di bawah pengawasan pengelolaan LIPI. Pengembangan kebun raya harus memenuhi kriteria kelayakan sebagai kebun raya. “Kawasan Pura Dalem Balingkang telah memiliki keunggulan seperti historis, view gunung yang indah, akses jalan kabupaten yang bagus dan infrastruktur sudah ada,” ungkapnya. Menurut Oneng, jika kawasan Pura Dalem Balingkang menjadi kebun raya yang ditata dengan baik, juga menjadi tempat beribadah yang nyaman, sekaligus kekayaan hayatinya terjaga.

Bupati Made Gianyar mengaku tidak pernah membayangkan duta LIPI, Rieke Diah Pitaloka menawarkan konsep terkait dengan kebun raya Pura Dalem Balingkang. Bupati menyebutkan, di sisa masa jabatan lagi 2 tahun akan fokus mewujudkan ide secara kolaborasi dan dukungan semua pihak. “Ini olah pikir dari Rieke Diah Pitaloka sewaktu menjabarkan ajaran Bung Karno melalui Program Pembangunan Semesta Berencana yang sudah diperdakan melalui Perda RPJMD,” ungkapnya.

Bupati Made Gianyar berharap LIPI dapat memfasilitasi rencana pengembangan kawasan Pura Dalem Balingkang menjadi kebun raya agar segera terwujud. Bupati meyakini jika kebun raya ini terealisasi, maka akan menjadi destinasi pariwisata baru yang diharapkan mampu mengangkat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangli. “Hari ini Duta LIPI (Rieke Diah Pitaloka) sudah berkunjung dan meninjau langsung kawasan Pura Dalem Balingkang. Mudah-mudahan kunjungan hari ini menjadi langkah awal dimulainya pengembangan kawasan pariwisata baru di Kintamani,” imbuhnya.

Pamangku Pura Dalem Balingkang, I Nengah Kadi, mengapresiasi dan mendukung program ini. “Jika bisa terwujud, Pura Dalem Balingkang semakin dikenal oleh umat Hindu,” ungkapnya. Jro Mangku Nengah Kadi berharap jika kebun raya terwujud, bisa membuka lapangan pekerjaaan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. *es

Komentar